Yuk Buat Resolusi Keuangan Bareng Suami, Intip 4 Tipsnya Bu!

Estimasi Waktu Membaca: 6 menit

Halo Bu, gak kerasa ya udah masuk 2022 aja nih. Tahun baru, semangat baru doong, biar pas gitu momentumnya buat bikin resolusi tahun baru.

Eh, Ibu tim yang mana nih? Tim bikin resolusi di awal tahun juga atau “Ah, udah ngalir aja deh”?

Kalau aku sih memang doyan bikin resolusi tiap tahun, lengkap dengan setumpuk rencana dan mimpi-mimpi buat setahun ke depan. Biar makin seru gitu!

Tapi resolusi awal tahunku gak melulu sesuatu yang baru kok bu. Kalo resolusi tahun lalu ada yang belum terwujud, ya aku lanjutin lagi di tahun ini dengan beberapa perbaikan.

Berdasarkan survey dari Fidelity Investments' Annual Resolution Study, membuat resolusi bisa mewujudkan keuangan menjadi lebih sehat. Tahun ini ada sekitar 68% yang membuat resolusi keuangan dan 72% optimis keuangan akan lebih baik di tahun 2022. Terbukti dari hasil dari pencapaian tahun 2021, 71% responden mampu mempertahankan resolusi keuangan tahun 2021 mereka, naik dari 58% pada tahun 2020 (Sumber: fidelity.com).

Resolusi Keuangan 2022

Salah satu resolusi yang berlanjut di tahun ini adalah pengen makin jago atur uang rumah tangga supaya kondisi finansial makin sehat dong. Nah, biar keuangan makin kinclong, aku sudah membaginya dalam beberapa goals yaitu lancar bayar tagihan, mengurangi belanja yang nggak penting, mengumpulkan dana darurat, dan memperbesar tabungan.

Tapi, yang namanya kelola keuangan ada aja tantangannya, apalagi kebutuhan tiap tahun rasanya nambah terus. Eits, bentar-bentar, kebutuhan atau keinginan yah yang terus nambah?😆 Dua-duanya deng! Makanya, penting banget kita diskusi berkala sama suami tentang status kondisi keuangan keluarga, dan apa yang bakal jadi resolusi keuangan kedepan. Biar bisa saling sepakat mana kebutuhan yang jadi prioritas, terus saling jaga dari godaan yang efeknya bisa bikin tujuan kita gak tercapai.

(Baca Juga: Punya Banyak Rekening Bank Bisa Dalam 1 Aplikasi Saja, Aplikasi Jago)

Bu Lala_Resolusi Keuangan Awal Tahun Bareng Suami_visual 3

Dulu, begitu menikah, aku dan suami membagi kebutuhan prioritas: tagihan, belanja, tabungan dan dana darurat ke dalam 3 akun bank berbeda. Alasan awal punya banyak rekening biar gampang ngaturnya. Saat itu kita mikirnya nggak perlu khawatir uang tabungan ikut tercampur dengan uang belanja sehari-sehari. Kita pun juga bisa bayar semua tagihan bulanan tanpa panik tiba-tiba uang habis buat kebutuhan yang lain. Kita jadi bisa menahan diri dari godaan belanja yang nggak penting karena sudah dibagi-bagi budget-nya.

(Baca Juga: Tertarik Membuat Rekening Bersama Pasangan? Diskusikan Dulu 4 Hal Ini)

Tapi masalahnya, tiap tahun tujuan finansial kita bertambah. Sekarang punya satu rekening tabungan rasanya nggak cukup. Tabungan biaya sekolah anak, tabungan renovasi rumah, tabungan liburan, tabungan naik haji, dan masih banyak lainnya. Kalau itu semua ada dalam satu rekening yang sama, masih suka saling bercampur juga. Kita jadi susah buat ngatur budget masing-masing tabungan kita.

Kondisi Pandemi COVID-19 seperti sekarang juga menyadarkan kita pentingnya mengumpulkan dana darurat. Dana darurat ini penting banget loh Bu, karena kita nggak bisa memprediksi apa yang terjadi. Sebaiknya dana darurat dan tabungan disimpan secara terpisah, karena yang sering terjadi tabungan jadi terpakai untuk dana darurat.

Awalnya kita kepikiran mau bikin rekening baru, tapi kok makin pusing mikir biaya adminnya dan rasanya kurang efisien. Sekarang, aku bersyukur banget ada aplikasi yang memudahkan kita atur keuangan. Aku dan suami nggak perlu lagi punya 3 rekening, sekarang cukup dalam satu Aplikasi Jago, nggak ada biaya admin bulanan juga Bu!

Optimis Mengejar Resolusi Keuangan Kami di Era Digital

Jago bukan sekedar bank digital buat nabung, tapi juga membantu kami makin jago atur uang rumah tangga. Keuangan jadi lebih teratur dan efisien dengan fitur-fitur yang ada di Aplikasi Jago. Salah satu fiturnya ada yang namanya Kantong Jago. Nggak cuma itu, Jago bersama sejumlah ahli kesehatan finansial, telah meracik Fintamin.

Apa itu Fintamin?

Saat kondisi keuangan sehat, hidup kita jadi lebih tenang dan jauh dari stress. Ya kan bu?

Seperti tubuh kita yang butuh vitamin supaya kesehatannya tetap terjaga, kondisi keuangan juga butuh finansial vitamin. Konsep ini sukses bikin aku dan suami jadi mudah ingat tentang berbagai langkah yang baik buat keuangan kami. Sekarang kami teratur "mengkonsumsi" fintamin buat jaga kesehatan dan ketahanan keuangan menghadapi berbagai tantangan fase hidup.

Jadilah kami mengkawinkan duo fitur & aksi ini buat mewujudkan resolusi keuangan bersama suami. kita bisa memaksimalkan fitur Kantong Jago dan mengkonsumsi yang namanya “Fintamin K: Kolaborasi Biar Happy Bersama”. Fintamin K ini mampu meringankan nyeri beban finansial yang sebenarnya bisa dikelola bersama orang tersayang. Tahun ini pengen bisa mewujudkan kolaborasi keuangan bersama suami dan mewujudkan mimpi-mimpi kita bersama. Cakep!

(Baca Juga: Nggak Kalah Penting: Fintamin K, Suplemen Pelengkap yang Dapat Bantu Kamu Sehat Finansial)

Yuk, Intip 4 Tips Mencapai Tujuan Keuangan dengan Jago.

ibu lala_Resolusi Keuangan Awal Tahun Bareng Suami_visual 4

  1. Gak Perlu Banyak Rekening, Beralih Menggunakan Kantong Jago

Sekarang nggak perlu lagi bikin tiga rekening bank buat tiga tujuan finansial yang berbeda, apalagi harus pusing mikirin biaya admin bulanan atau admin transfer sana sini. Aku dan suami masing-masing cukup punya satu rekening Jago. Dalam satu akun Jago, kita bisa bikin banyak Kantong sampai maksimal 40 kantong! Bebas admin pula.

Suka-suka bisa dikasih nama Kantongnya berbeda sesuai tujuannya yang juga beragam. Saat ini aku punya Kantong "Upgrade Laptop", Kantong "Renovasi Rumah", Kantong "Biaya Sekolah Anak". Kantong "Naik Haji", Kantong "Bayar Tagihan KPR" dan lainnya cuma dalam satu aplikasi. Luar biasa ngurangin keribetan kami deh!

(Baca Juga: 3 Tips Penting Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak)

Biar makin semangat nabungnya, kita bisa pasang target nabung di setiap Kantong Nabung selama berapa periode.

Biar kita gak lupa nabungnya, Kantong Nabung punya fitur Autosave loh Bu, fitur ini bisa kita set supaya kegiatan nabung kita berjalan otomatis.

Caranya bisa klik di sini ya Bu. Bikin Kantong Nabung, Pasti Makin Untung.

  1. Bikin Kantong Bersama, Biar Makin Romantis Sama Kakanda

Dulu jaman pacaran, pakai barang kembaran dibilangnya romantis. Kalo udah jadi suami istri, punya Aplikasi Jago bareng bisa bikin makin romantis juga. Saling ingetin buat ngerem pengeluaran masing-masing. Ini bisa meminimalisir "baku hantam" dalam rumah tangga dan menghindari keluarnya kata-kata andalan, “lebih baik minta maaf daripada minta izin” kalo abis belanja.

Salah satu mimpi bersama aku dan suami tahun ini adalah renovasi rumah. Tahun lalu mimpi ini belum terwujud karena tabungannya masih suka tercampur dan akhirnya malah kepake buat kebutuhan lain. Tapi sekarang dengan adanya fitur Kantong Jago kita bisa komitmen buat saling mewujudkan mimpi kita bersama.

Serunya fitur Kantong Jago ini, kita bisa mengubah setiap Kantong Nabung atau Kantong Bayar jadi Kantong Bersama.

Caranya, dengan mengundang (invite) mereka yang mau kita ajak kolaborasi, kalau orang tersebut sudah memberikan persetujuan via aplikasi Jago miliknya, secara otomatis akan berubah menjadi Kantong Bersama. Kami sih kerasa banget, kalau Kantong Bersama memudahkan usaha kami mengatur keuangan rumah tangga dan lebih transparan.

Bisa juga loh mengundang keluarga lain ke Kantong Bersama, bisa klik disini ya Bu untuk informasi lengkapnya.

  1. Berbagi Peran dengan Suami dalam Atur Keuangan

Kalau Ibu dan suami sudah sepakat bikin Kantong Bersama, pastikan berdiskusi dulu tentang apakah suami harus mendapat persetujuan dari kita terlebih dahulu sebelum menggunakan uang yang ada di tabungan bersama, dan berlaku sebaliknya.

Tentukan peran masing-masing. Kita bisa menentukan peran kita dan suami di Kantong Bersama, sebagai viewer (bisa melihat dan berkontribusi tapi tidak bisa menarik uang) atau spender (bisa melakukan semuanya).

Jika ingin pengeluaran lebih terencana dan terkendali, kita juga bisa mengatur limit tarik uang dari Kantong Bersama.

Lalu sebagai anggota Kantong Bersama, kita dan suami sama-sama bisa melihat riwayat kantongnya. Jadi, bisa memantau bareng kan Bu. Kalau ada aktivitas di Kantong nanti bakal muncul notifikasi dari Jago, misalnya ada yang "minjem" dari Kantong Bersama, ya kita ingetkan lagi buat segera di top up penggantinya.

(Baca Juga: Baru Jadi Orang Tua? Ada 5 Tips Penting Mengatur Keuangan Keluarga)

  1. Kunci Kantong biar Minim Godaan

ibu lala_Resolusi Keuangan Awal Tahun Bareng Suami_visual 1

Biar resolusi mengumpulkan dana darurat dan memperkaya tabungan bisa terwujud, aku dan suami menabung di Kantong Terkunci yang ada di aplikasi Jago.

Belajar dari pengalaman tahun lalu, orang tua terkena COVID-19 dan perlu perawatan intensif di rumah sakit. Dalam kondisi seperti ini, menyiapkan dana darurat sangat penting Bu. Tahun lalu kita masih simpan dana darurat dan tabungan di satu rekening yang sama. Tahun ini kita coba memaksimalkan fitur-fitur Kantong Jago yaitu Kantong Terkunci.

Kantong Terkunci punya fungsi yang sama dengan Kantong Nabung, yaitu tempat untuk bisa menyimpan uang dengan aman. Tapi berbeda dengan Kantong Nabung, Kantong Terkunci punya kelebihan bisa mengunci uang selama periode tertentu. Fitur Kantong Terkunci tidak tersedia untuk Jago 0% ya, Bu.

Kantong Terkunci prinsipnya seperti deposito berjangka, cuma ini sifatnya lebih fleksibel. Kita bisa menyimpan uang mulai dari Rp 100 ribu saja di Kantong Terkunci. Kita bisa kunci kantong selama periode tertentu dengan minimal periode penguncian selama 14 hari.

(Baca Juga: Cari Tempat Menabung? Kenalan Sama Kantong Terkunci dan Berbagai Khasiatnya)

Saat menyimpan uang di Kantong Terkunci, kita bisa mendapatkan bunga yang besarnya hingga 4% p.a.* Kalau sudah mengunci uang di Kantong Terkunci, kita jadi nggak tergoda menggunakan uang tabungan dan dana darurat buat membayar kebutuhan lain yang seringkali bukan prioritas. Selain itu, kita juga bisa top up uang ke Kantong Terkunci kapan saja, bahkan selama periode penguncian berjalan.

Wow mudah dan fungsional banget ya, Bu. Setelah kenal Aplikasi Jago rasanya semua bisa jadi jago atur keuangan. Berasa naik level nih, apalagi di era yang semua serba digital termasuk melakukan pembayaran dan investasi.

Teknologi hadir buat mempermudah hidup kita. Sekarang atur uang rumah tangga gak bikin pusing, apalagi Jago bantu kita kategoriin setiap pengeluaran.

Jadi terbantu banget buat evaluasi pola konsumsi kita dan cek apakah progress kita mencapai resolusi keuangan tahun ini masih on track atau belum. Aku dan suami jadi makin optimis manis buat mewujudkan resolusi keuangan kita di tahun ini. Aamiin.

Kalau cerita kamu gimana, Bu? Udah siap buat resolusi keuangan tahun baru bareng suami?

Yuk, download Aplikasi Jago di Playstore ataupun di Appstore dan rasakan pengalaman baru ibu makin jago atur keuangan bersama Jago.


Share:

Artikel Terkait

Jago Keluarga - May 27, 2022

Lakukan Ini Agar Keuangan Tetap Cool Saat Ibu Back to School

Baca selengkapnya >
Jago Keluarga - June 24, 2022

3 Cara Jago Kelola Uang Belanja Ala Ibu Alun Rahma

Baca selengkapnya >
Cek Artikel Serupa

Comments

Add a Comment




Berlangganan

Jangan kelewatan artikel dan berita terbaru agar #Ibumakinjago ngatur cuan, jalanin bisnis, dan ngurus keluarga.

© 2021. Persembahan Ibu Punya Mimpi dan Bank Jago