Susun Strategi Pengembangan Diri, Jadi Jago Mewujudkan Mimpi

Bu, ketika masih single dulu rasanya untuk mencapai mimpi ga terlalu ribet ya. Tapi, sekarang saat sudah memiliki anak, bagaimana proses menggapai mimpi Ibu? Apakah semudah ketika single?

Setelah seorang perempuan mendapatkan peran tambahan sebagai seorang Ibu, seringkali pertanyaan muncul dalam diri sendiri:

“Apa aku masih bisa mencapai mimpiku, dengan bertambahnya peranku sebagai Ibu?”

“Bagaimana dengan anak kalau aku kuliah atau kerja kantoran lagi?”

Tak jarang, Ibu mengubur mimpinya karena merasa,

“Duh, buat kebutuhan pokok aja keteteran, apalagi buat pengembangan diri” 

“Hmm harga IELTS Test ternyata lumayan ya, udah lah ga usah punya mimpi sekolah lagi” 

Dan masih banyak self talk lainnya yang menghinggapi benak Ibu ketika akan mengambil sebuah keputusan besar dalam rangka mewujudkan mimpinya. Barangkali itulah alasan mengapa sekarang Ibu tertarik untuk menyusun Strategi Pengembangan Diri Ibu.

Bagi Ibu yang sedang dilanda kegalauan dalam menyusun strategi pengembangan diri untuk mewujudkan mimpi, membaca artikel ini menjadi langkah awal yang tepat, loh! Karena di artikel ini kita akan membahas bagaimana menyusun strategi pengembangan diri, agar Ibu makin Jago dalam mewujudkan mimpi Ibu.

Kemudian, langkah apa saja yang perlu dilakukan? Nah sebelum lanjut membaca, akan lebih baik Ibu tarik nafas 3 kali terlebih dahulu agar Ibu makin enjoy dalam menyelami diri. Setelah Ibu rileks, Ibu bisa lebih dalam nih menggali beberapa informasi perihal hal-hal yang akan membantu Ibu makin jago dalam membuat keputusan strategi pengembangan diri.

Kenal Baik dengan Diri Ibu

Berdiskusi tentang mimpi seseorang, biasanya ga akan jauh-jauh dari seberapa besar kenal dengan dirinya sendiri. 

Apa saja potensi dan kekurangan yang dimiliki?

Apa value dan hal yang membuatku bersemangat?

Kenal baik dengan diri Ibu, akan sangat membantu Ibu untuk bisa menentukan hal-hal apa yang sekiranya relevan dan bisa Ibu upayakan prosesnya setiap hari.

Bu, menggapai mimpi itu bukanlah sebuah perlombaan, jadi ga perlu terburu-buru dengan prosesnya. Terlebih jika Ibu membandingkan proses Ibu dengan proses yang orang lain tempuh. Istilah kerennya nih, ga apple to apple. Hal ini karena keduanya tidak dalam kedudukan yang sama untuk Ibu bandingkan. Fokus untuk menghargai setiap progres sekecil apapun yang Ibu lakukan jauh akan sangat membuat Ibu lebih berdaya dan enjoy dalam menikmati proses menuju impian Ibu. 

Kenal Baik dengan Support System Ibu 

Perjalanan dalam mewujudkan mimpi bukanlah proses yang mudah, selain kekuatan dari diri Ibu sendiri. Ibu sangat memerlukan bantuan dan dukungan dari support system Ibu. Ketika Ibu paham betul siapa saja orang-orang yang akan mendukung Ibu dalam mewujudkan mimpi, Ibu akan lebih mudah menentukan siapa orang yang dapat dipercaya ketika dalam perjalanan mewujudkan mimpinya Ibu. Salah satu support system utama Ibu biasanya adalah suami, anak, dan orang tua Ibu. Tiga sosok inilah yang perlu Ibu kenali lagi dengan baik. Hal ini akan memudahkan Ibu nantinya dalam mengkomunikasikan apa yang menjadi mimpi Ibu kepada orang tersayang, dan menjelaskan bantuan seperti apa yang Ibu perlukan dari support system utama Ibu dalam menggapai mimpi. 

Kenal Baik dengan Kondisi Terkini Ibu

Kondisi diri Ibu ketika masih single dan ketika sudah menikah, tentunya akan ada banyak perbedaan ya Bu. Ibu bisa mulai list kondisi Ibu saat ini dengan menggali beberapa informasi dengan merenungkan beberapa pertanyaan, “Siapa sih aku? Aku adalah…”

“Seorang Istri dari suami yang memiliki pekerjaan sebagai…”

“Seorang Ibu yang memiliki anak …. yang berusia…. dan mengasuhnya dengan/tanpa ART”

“Aku adalah seorang Ibu yang mengelola keuangan keluarga dengan senilai….” 

Adanya 3 pertanyaan ini akan membantu Ibu untuk menyadari betul keadaan Ibu saat ini sehingga nantinya Ibu akan realistis dalam menentukan strategi pengembangan diri apa yang perlu dilakukan

Setelah menggali 3 informasi di atas, harapannya Ibu memiliki bekal yang nantinya Ibu “perlu” bawa kemanapun dalam memutuskan sesuatu. Karena saat ini apa yang Ibu putuskan bukan hanya mempengaruhi kondisi diri Ibu saja tapi juga akan mempengaruhi kondisi anggota keluarga lainnya. 

3 hal yang perlu ibu kenali dengan baik

Selanjutnya, langkah Ibu akan semakin dekat nih dengan Strategi Pengembangan Diri apa saja yang bisa Ibu lakukan agar semakin dekat dengan mimpinya!

#1 Mendefinisikan Mimpi yang akan Dicapai dan Waktu Ingin Tercapainya 

Menentukan mimpi yang akan dicapai dan waktu ingin tercapainya sangatlah penting untuk Ibu lakukan di awal proses mewujudkan mimpi. Terlebih Ibu sudah memiliki suami dan anak, dimana kedua sosok ini sangat bergantung dengan Ibu. Jangan sampai tenaga, pikiran, waktu dan finansial terbuang begitu saja dan tidak memberikan dampak terhadap progres dari Mimpi Ibu 

Berikut adalah contoh dari Mimpi yang ingin saya capai dan waktu ingin tercapainya 

salah satu mimpi ibu ridha

Tentunya mimpi yang saya tuliskan ini bukan semata-mata tanpa pertimbangan. Saya sudah mempertimbangkan potensi apa yang saya miliki, bagaimana kondisi dari support system utama, dan juga kondisi saya yang saat ini sudah menjadi Ibu dari balita berusia 3 tahun. Satu hal ingin saya tekankan di kalimat mimpi adalah “melayakan diri”. Kenapa melayakan diri? Adanya kalimat “melayakan diri” ini akan membuat diri Ibu sepenuhnya fokus dengan apa yang bisa Ibu upayakan, karena kembali lagi berkaitan dengan hasil tidak bisa dilepaskan dengan ketetapan Tuhan. 

#2 Melakukan Self Assessment

Nah setelah Ibu memiliki definisi mimpi Ibu yang jelas, langkah selanjutnya yang bisa Ibu lakukan adalah dengan melakukan Self Assessment. Dalam proses menilai diri ini hal yang Ibu perlukan adalah mencari tahu kriteria apa saja yang layak untuk Ibu dalam proses mencapai mimpi. Ibu bisa cari tahu dengan googling atau berdiskusi dengan orang yang sudah mencapai mimpi yang mirip dengan mimpi Ibu. Cari tahu mindset, pengetahuan dan keterampilan apa saja yang diperlukan untuk Ibu layak di posisi itu nantinya. Berikut adalah contoh yang saya lakukan

contoh self assessment yang dilakukan ibu ridha

Kemudian setelah mencari tahu keterampilan dan sumber daya apa saja yang perlu Ibu miliki untuk mencapai mimpi, Ibu perlu jujur dengan diri Ibu terkait keadaan saat ini. Ingat ya Bu, Ibu tidak sedang berlomba dengan siapapun. Nikmati prosesnya, tidak perlu ada denying dari kondisi Ibu saat ini.

#3 Membuat Daftar Prioritas yang akan Ibu Lakukan Serta Durasi 

Langkah selanjutnya adalah Ibu dapat membuat daftar prioritas hal mana yang akan Ibu lakukan, dalam menentukan ini perlu kembali lagi dengan kondisi diri, kondisi support system dan kondisi Ibu ya. Agar dalam menentukan durasi persiapannya pun masih masuk akal dengan kondisi Ibu saat ini. Adanya daftar prioritas ini akan memudahkan Ibu untuk terhindar dari banyaknya distraksi. Berikut  contoh daftar prioritas yang saya buat:

contoh daftar prioritas ibu

#4 Membangun Kebiasaan yang Ibu Komitmen Dalam Menjalankannya

Sebagai seorang Ibu, akan banyak sekali dihadapkan dengan kondisi tak terduga ya Bu. Tapi jangan sampai hal tersebut menghentikan langkah Ibu! Yuk bangun kebiasaan dari yang mudah untuk Ibu lakukan. Berikut adalah contoh kebiasaan yang saya coba sedang rutinkan dalam rangka meningkatkan kemampuan bahasa inggris  

  • Setiap pagi, membaca 1 artikel berbahasa Inggris 
  • Setiap malam, ngomong depan kaca 5 menit dengan menggunakan bahasa Inggris

Adapun terkait dana, Ibu bisa coba manfaatkan fitur Kantong dari Bank Jago, baca selengkapnya tentang fitur kantong Jago cek disini

Kantong belanja ibu ridha

Adanya fitur kantong ini akan membantu Ibu makin jago dan semua makin jago dalam mengelola keuangan. Bagaimana mengatur pos-pos keuangan tetap aman, dan pos-pos keuangan untuk mimpi dan mimpi suami juga rutin terisi setiap bulannya. Tanpa harus ke bank dan buka beberapa rekening, anti ribet banget kan Bu!

Semoga artikel ini membantu Ibu untuk memperjelas Action Menuju Mimpi Ibu ya! Yuk segera download aplikasi Jago sekarang juga biar Ibu makin jago agar Kelola Uang untuk Menggapai Mimpi Ibu

strategi pengembangan diri ibu untuk mewujudkan mimpi

Share:

Artikel Terkait

Jago Personal - July 18, 2022

Kompetisi Ibu Makin Jago: Cara Mencapai Mimpi Agar Selangkah Lebih Jago

Baca selengkapnya >
Jago Personal - Jan. 31, 2022

Arisan Tanpa Ribet, Pakai Jago Aja Bu!

Baca selengkapnya >
Cek Artikel Serupa

Comments

Add a Comment




Berlangganan

Jangan kelewatan artikel dan berita terbaru agar #Ibumakinjago ngatur cuan, jalanin bisnis, dan ngurus keluarga.

© 2021. Persembahan Ibu Punya Mimpi dan Bank Jago