Sering Kewalahan Bayar Tagihan yang Bejibun? Cek ini yuk, Bu!

(Estimasi Waktu Membaca: 6 menit)

Legenda menyebutkan kalau seorang Ibu lebih jago ber-multi tasking dibanding ayah. Bener gak bu? Cobain deh kalau Ibu pas lagi ngerjain tugas domestik kan yah, sambil beberes, masak, ngasuh anak, whatsapp-an.

Tapi aku juga setuju kalau justru berbagi fokus dari satu tugas ke tugas lain itu bikin energi lebih cepat terkuras. Pantes menjelang malam rasanya dah abis batere, kaya ultraman mesti silam dulu dari pertempuran.

Termasuk juga nih bu, ngurus keuangan. Lengkap deh pokonya semua profesi diemban oleh Ibu, termasuk jadi direktur keuangan, akuntan, dan juru bayar keluarga. Buatku sih bagian ini termasuk bagian yang paling menantang di kancah dunia perumah tanggaan.

Salah atur keuangan bisa ngerembet kemana-mana efeknya ya kan Bu, ngaruh banget ke kondisi masa depan, buat diri, suami, apalagi buat anak kita.

Sejujurnya, aku sendiri suka kesulitan nih buat memastikan kondisi keuangan dari awal sampe akhir bulan tuh sesuai sama tujuan keuangan kami. Misalnya mesti nabung sekian, pengeluaran apa saja yang jadi prioritas bulan ini, sampai memastikan semua tagih terbayar tuntas semua. Ditambah dengan adanya kondisi pandemi bikin kita harus lebih apik lagi atur uang rumah tangga, karena ada aja pos tambahan khususnya dana kesehatan di luar asuransi.

Aku inget deh, dulu diajarin mamah buat ngatur duit pake metode amplop. Tarik tunai uang bulanan terus masukin ke amplop-amplop sesuai dengan pos-pos nya. Metode ini memang bisa memudahkan kita supaya tiap pos tuh jelas terisi dan gak kecampur.

Selain maen amplop-amplopan, juga kepikiran buka rekening berbeda buat tujuan keuangan yang beda juga. Tapi kepikiran sama ngurusnya, belum ditambah biaya admin dan biaya transfer ke banyak rekening, yang ada malah makin pusing karena diribetin sama hal-hal semacam ini. Akhirnya tetep nyampur deh semua uangnya.

(Baca Juga: Punya Banyak Rekening Bank Bisa Dalam 1 Aplikasi Saja, Aplikasi Jago)

Tantangan Ibu di Era Digital

Di zaman serba digital kayak sekarang, yang apa-apa bayarnya transfer, aku sendiri lebih suka simpan dan transaksi via Bank. Selain lebih aman, adanya saldo di rekening malah lebih memudahkan aku buat transaksi. Bahkan banyak barang yang lebih murah kalau beli secara online, contohnya beli makanan via online yang tumpah ruah diskonnya.

Selain keperluan belanja groceries dan tagihan rutin lainnya seperti bayar listrik, bayar PDAM, bayar internet, beli pulsa, biaya sekolah anak, hingga tagihan bisnis ibu rumah tangga, seringkali malah lebih mudah dan praktis kalau dilakukan secara digital dibanding cara konvensional. Transaksi digital itu bisa dilakukan kapan aja dan dimana aja via handphone tanpa harus antri di teller.

Apalagi ketika pandemi semakin mempercepat kemudahan transaksi via digital. Buka rekening bank aja sekarang cuma 2 menit dari rumah! Sekaget itu loh aku pas nyobain buka rekening Jago. Padahal udah dandan tipis, rapiin jilbab, eh cuma nunjukin KTP pas video call, difoto, udah deh. Gak lama kemudian rekening dah aktif.

Jaman dulu kan, ya ampun mesti ke bank, ambil antrian nunggu Customer Service nya, lalu isi formulir ini itu, nunggu buku tabungan, ditawarin produk ini itu. Panjang deh, tambah rusuh kalo sambil bawa anak. Sekarang sih sambil di sela ngasuh anak juga bisa buka tabungan, hemat waktu, tenaga, ongkos banget deh!

Itu sih bagusnya yaah bu, nah lain lagi nih godaan di era digital. Aku suka lemah liat diskon, saking mudahnya beli ini itu dari handphone kadang masih aja suka bocor-bocor. Apalagi kalo uang semua masih nyampur di rekening berasa ada terus saldonya kan. Senasib gak bu?

Bank juga makin keren makin canggih

Kayanya pengalamanku di atas itu juga dialami oleh jutaan orang lain yah. Makanya begitu liat kiri-kanan kok teman ngomongin tentang aplikasi Bank Jago, yang awalnya aku kira e-wallet eh ternyata beneran rekening bank digital.

Setelah dicoba, wow! Bank Jago menjawab kegalauanku yang banyak keperluan tapi gak mau ribet sama banyak rekening, fitur-nya inovatif dan sangat relate dengan permasalahan finansial ku. Fiturnya benar-benar life changing banget. Jadi gak pusing lagi deh atur keuangan operasional keluarga. Nyesel banget buka aplikasi jago.

Nyesel kenapa baru sekarang....

Ngulik aplikasinya aja seru kaya nemu hal-hal baru yang bisa aku manfaatin langsung. Sesederhana buat kantong yang nama dan iconnya bisa kita atur sendiri. Bahkan gambar kantongnya bisa pake image sendiri loh, misal nih aku bikin kantong liburan terus gambarnya ada foto pantai beneran, duh gimana gak senyum-senyum duluan udah bayangin happy-nya kalo jadi berangkat.

Pengalaman pertama punya banyak kantong

Masih inget kan bu fungsi amplop yang tadi kita bahas di awal? Nah, di Jago juga ada nih fitur Kantong yang fungsinya mirip dengan amplop tadi. Tapi tentunya dalam versi digital dan lebih praktis. Dalam satu rekening, kita bisa buat sampai 40 Kantong yang terbagi atas 20 Kantong nabung dan 20 Kantong bayar yang dapat digunakan untuk kantong belanja groceries, tagihan, zakat, dan lainnya.

Bener deh, hidupku langsung jadi lebih mudah buat atur uang rumah tangga setelah ada aplikasi Jago.

(Baca Juga: Buka Akun Jago, Ada Banyak Keuntungannya: Intip di Sini)

Buat yang pilih rekening Jago konvensional, ada juga fitur Kantong yang bisa dikunci. Biar tabungannya gak dicolek-colek mulu, seperti deposito gitu Bu.

Biasalah kalo ada tabungan tuh, suka ada aja ya alasan pakai ini dulu nanti diganti, padahal berujung gak diganti-ganti. Dengan Kantong Jago, kita gak akan bisa tuh cheating, karena kekunci sampai batas waktu yang kita tentukan, tapi tetep bisa kita top up terus.

Satu lagi favoritku di dunia perkantongan adalah, fitur Kantong Bersama yang bisa dipakai untuk menabung bareng dengan anggota keluarga untuk tujuan finansial tertentu. Misalnya seperti membuat Kantong tabungan untuk liburan akhir tahun, dan lainnya.

Nah,siapa yang suka jajan via ojol? Kalau buat urusan yang satu ini, biasanya aku pakai Kantong yang terkoneksi dengan Gopay. Jadi aku tinggal buka satu aplikasi aja dan udah langsung deh tuh terkoneksi semuanya. Buat aku yang sering jajan lewat GoFood, fitur ini memudahkan banget buat kontrol limit jajan biar gak keseringan khilaf. Bikin sendiri deh mending Kantong berjudul “Jajan Online” biar makin disiplin. Jadi kamu bisa jajan sepuasnya dan gak boros.

(Baca Juga: Mau Jajan di GoFood Sepuasnya Tapi Nggak Boros? Cuma 1 Caranya: Lewat Jago di Gojek)

Buat ibu yang punya bisnis, tentunya Kantong Jago ini juga bisa memudahkan ibu memisahkan keuangan pribadi ataupun keluarga dengan keuangan operasional bisnis. Semua hanya dalam satu rekening yang transfer antar kantongnya mudah dan tentunya bebas biaya admin. Plus! Bebas transfer ke rekening bank lain & top up e-wallet 25 kali selama sebulan loh bu. Kebayang berapa banyak yang kita bisa hemat kan Bu?

(Baca Juga: Transfer dari Bank Jago ke Bank Lain Gratis 25x per Bulan Lewat Kirim & Bayar)

Mengurangi kemumetan bayar tagihan bejibun

Saking banyak yang dipikirin kadang kan namanya ibu suka lupa nih buat bayar tagihan. Tau-tau tanggalnya udah terlewat dan baru sadar pas listrik mati. Belum lagi bayar denda karena telat bayar. Mau catat di buku juga kadang sering kelewat karena keburu sibuk sama urusan domestik dan kerjaan.

Buat tagihan operasional yang secara rutin dibayar tiap bulan, ada nih salah satu fitur andalan dari Jago yang selalu aku pake, namanya Plan Ahead. Disini kita bisa merencanakan metode pembayaran tagihan.

Visual Ibu Ima- Bayar Tagihan- 1.png

Dari pengalamanku ngulik fitur ini sih, banyak kemudahan yang dikasih Plan Ahead Jago :

  • Opsi Autodebet secara Otomatis atau Semi Otomatis

Di sini kita bisa pilih tipe autodebet yang sesuai dengan kebutuhan. Ada dua tipe yang bisa kita pilih yaitu transaksi otomatis yang langsung di-autodebet Jago sesuai dengan jadwal yang ibu tentukan atau semi otomatis dimana transaksi baru bisa dilakukan setelah mendapat approval. Jadi sebelum dia transfer, bakal nanya dulu gitu di notifikasi aplikasi, bagus buat kita yang transfernya beda-beda nominal per bulan.

  • Jadwal Pembayaran

Jadwal pembayaran bisa diatur untuk setiap tagihan dan bisa kita cek secara berkala. Selain itu frekuensi pembayaran tagihan bisa diatur rutin harian, bulanan, mingguan, tanggal berapa mulai dan berakhir tanggal berapa atau bisa juga diatur untuk satu kali pembayaran saja.

  • Auto Payment bisa ke bank lain

Selain autodebet tagihan operasional, kita juga bisa atur auto transfer ke rekening bank Jago atau bank lain. Biasanya aku pake buat bayar biaya bulanan sekolah anak, bayar arisan, kirim uang ke orang tua, dan lainnya.

Fitur Plan Ahead juga memudahkan aku buat menabung kebutuhan operasional yang sifatnya tahunan seperti bayar pajak kendaraan, PBB dan lainnya. Fitur ini dilengkapi dengan informasi mengenai berapa nominal yang harus disisihkan setiap bulannya dan kapan target harus terpenuhi. Jadi saat waktunya bayar udah tinggal transfer aja dan gak mendadak ribet cari budget di bulan itu. Bayar tagihan tepat waktu itu salah satu kebiasaan keuangan yang wajib dilakukan, kata jago ada empat kebiasaan lainnya yang bisa bikin kamu jauh dari stress. Plus! Bisa kita pilih bayarnya dari kantong mana. Keren yah?

Selain untuk perencanaan operasional harian rumah tangga, Fitur Plan Ahead juga pastinya berguna banget untuk operasional bisnis ibupreneur. Kita bisa gunakan fitur ini untuk bayar tagihan, bayar gaji pegawai, sampai menabung buat modal usaha.

(Baca Juga: Nggak Ada Lagi Sulit Menabung dengan ‘Rencanakan’ yang Bikin Menyimpan Uang Jadi Otomatis, Cobain Deh!)

Kartu kece dari Jago VISA

Nah, sewaktu-waktu Ibu perlu bayar tagihan langsung gak bisa transfer. Jago juga punya kartu fisik yang bisa kita buat via aplikasi Jago. Kita juga punya kendali penuh terhadap kartu tersebut, seperti mengatur limit, mengunci, dan menghubungkan kartu dengan Kantong khusus jadi pengeluaran bisa makin terkontrol. Misal nih, kartunya khusus cuma bisa ambil dari kantong “Belanja Bahan Kue”.

Jago kartu debit juga bisa tarik tunai dan melakukan transaksi di mesin EDC berlogo ATM Bersama, ALTO dan VISA yang tersebar di seluruh dunia. Bahkan ada biaya gratis admin sebanyak 5x setiap bulannya buat transaksi tarik tunai loh! Jadi gak usah pilih-pilih mau tarik di ATM mana aja bisa. Buat informasi lebih lanjut mengenai kartu debit dari bank Jago, bisa dilihat di sini yah!

Visual Ibu Ima- Bayar Tagihan- 2.png

Dengan semua fitur diatas, rasanya jadi kayak punya asisten pribadi yang pintar atur uang ya bu. Cuman dari satu aplikasi saja semua jadi jago.

Aku aja semangat deh share pengalaman pake Jago, termasuk ke Buibupreneur nih, yuk kita manfaatin aplikasi canggih nan user-friendly biar Ibu makin jago atur keuangan rumah tangga dan atur bisnis Ibu tanpa ribet.

Klik di sini untuk download Aplikasi Jago dan ikutan cobain kemudahannya yah Bu!

Visual Ibu Ima- Bayar Tagihan- 3.png



Share:

Artikel Terkait

Jago Personal - July 18, 2022

Kompetisi Ibu Makin Jago: Cara Mencapai Mimpi Agar Selangkah Lebih Jago

Baca selengkapnya >
Jago Personal - Aug. 9, 2022

Ingin Membuat Konten? Intip Rekomendasi Tools Content Creator dari Irma Firdawanti

Baca selengkapnya >
Cek Artikel Serupa

Comments

Add a Comment




Berlangganan

Jangan kelewatan artikel dan berita terbaru agar #Ibumakinjago ngatur cuan, jalanin bisnis, dan ngurus keluarga.

© 2021. Persembahan Ibu Punya Mimpi dan Bank Jago