Refleksi Diri, Mari Rayakan Kemenangan Diri Ibu di Tahun 2022

Tahun 2023 akan segera tiba dan ini adalah saatnya untuk merayakan kemenangan diri kita sebagai Ibu. Kerapkali, kita sering terjebak dalam rutinitas sehari-hari yang padat dan membuat kita lupa meluangkan waktu untuk diri sendiri. Namun, tahun baru ini adalah saat yang tepat untuk melakukan refleksi diri dan merayakan keberhasilan yang telah kita raih selama tahun lalu.

Coba bu di ingat lagi, kira-kira keberhasilan apa saja nih yang sudah Ibu berhasil lakukan? Mungkin Ibu sudah berhasil bikin lasagna dari resep turun temurun yang familly approved, atau Ibu sudah berhasil menyelesaikan online course dengan jadwal yang padat di bulan ini?

Ternyata keberhasilan-keberhasilan tidak harus selalu besar lho Bu. Ada makna dan manfaat yang tumbuh di dalam diri saat kita accomplish melakukan sesuatu, apapun itu. Refleksi diri adalah tentang bagaimana pemahaman tentang diri kita sendiri secara menyeluruh. Refleksi diri membuat kita lebih mengetahui siapa, apa, dan apa yang kita butuhkan.

Manfaat Melakukan Refleksi Diri

Sebagai Ibu jagoan, kita juga harus terus berinovasi dan belajar untuk menjadi lebih jago. Ada banyak cara untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan kita, seperti mengikuti pelatihan, bergabung dalam komunitas, atau mengikuti kelas online. Dengan terus belajar dan berinovasi, kita dapat terus tumbuh dan berkembang sebagai Ibu jagoan.

Ibu sudah melakukan itu semua? Good job, Bu! Mungkin Ibu belum menyadari ada banyak manfaat yang dapat Ibu peroleh dengan melakukan refleksi diri. Apa saja manfaatnya, yuk kita simak lebih lanjut!

1. Membantu Memahami Diri Sendiri

Dengan melakukan refleksi diri, Ibu dapat mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan diri, emosi yang Ibu rasakan, dan pikiran-pikiran Ibu saat menghadapi suatu hal. Pengetahuan tentang diri ini bisa membuat Ibu memperbaiki kekurangan dan meningkatkan kepercayaan diri karena kelebihan yang Ibu miliki.

2. Membantu Mengembangkan Kemampuan Sosial

Refleksi diri dapat membantu Ibu untuk mengembangkan kemampuan sosial Ibu lho! Kemampuan sosial bermanfaat sekali untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain secara efektif. Termasuk kemampuan untuk menjalin hubungan yang positif, mengelola perasaan dan emosi kita sendiri dan orang lain, serta memahami dan menghargai perbedaan individu. Nah, selanjutnya Ibu bisa mengevaluasi tentang pola tersebut. Apakah ada yang perlu diperbaiki atau tidak?

3. Meningkatkan Kepuasan Diri

Refleksi diri dapat membantu kita mengenali apa yang kita sukai dan tidak sukai, sehingga dapat membantu kita menemukan kepuasan diri dan membangun tujuan hidup yang lebih jelas. Meningkatkan kepuasan diri merupakan proses yang dapat membantu Ibu menjadi lebih yakin dan merasa lebih baik tentang diri sendiri. Antara lain Ibu bisa dengan menetapkan tujuan dan mencapainya, mengelola emosi dengan baik, menghargai dan mempercayai diri sendiri.

Ternyata ada banyak manfaat yang bisa Ibu dapatkan dengan melakukan refleksi diri. Namun bagaimana caranya yah? Simak terus ulasan berikut ini mengenai cara melakukan refleksi diri yuk bu!

refleksi-akhir-tahun-bu-ratih (2) (1).jpg

Cara Melakukan Refleksi Diri

Dalam melakukan refleksi diri, Ibu akan melalui proses memahami pikiran, emosi, dan tindakan Ibu sendiri. Kayaknya kok berat ya Bu? Tapi tenang Bu, bila dilakukan secara rutin dan bertahap, proses ini dapat membantu Ibu menjadi lebih terkoneksi dengan diri sendiri. Selain itu, Ibu akan lebih sadar tentang pola berinteraksi dengan orang lain, dan membantu memahami cara mengembangkan kemampuan dan sikap yang lebih positif.

Tertarik tapi masih bingung untuk melakukan refleksi diri? Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan refleksi diri:

1. Cari Waktu yang Tenang dan Jauh dari Gangguan untuk Memfokuskan Pikiran Ibu

Sesekali, me time Ibu bisa dilakukan untuk refleksi. Di sini Ibu bisa untuk cari waktu yang tenang dan jauh dari gangguan supaya bisa fokus. Sesekali boleh lah ya bu minta bantuan pada pasangan ataupun support system dan beri pengertian pada anak-anak. Lalu, ciptakan ruang dan waktu yang nyaman bagi Ibu untuk fokus pada diri Ibu .

2. Tuliskan Isi Pikiran Ibu

Menulis dapat membantu Ibu lebih jelas mengekspresikan pikiran Ibu dan membantu Ibu memahami apa yang sebenarnya Ibu pikirkan. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat membantu Ibu dalam melakukan refleksi. Kalau dirasa sulit untuk menjawab pertanyan-pertanyaan berikut, ibu tidak usah memaksakan diri yah bu. Ibu bisa mulai siapkan kertas, dan jawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apa yang telah terjadi selama beberapa hari, minggu, atau bahkan bulan terakhir. Apa yang Ibu pikirkan tentang hal itu? Apa yang Ibu rasakan tentang itu?
  • Dari pengalaman di atas, apa yang telah Ibu pelajari tentang diri sendiri? Bagaimana kira-kira pola berinteraksi dengan orang lain?
  • Apakah Ibu menemukan kekuatan dan kelemahan Ibu? Mengenali kekuatan dan kelemahan diri akan membantu Ibu menentukan area yang perlu dikembangkan dan memfokuskan energi Ibu pada hal-hal yang benar-benar penting lho!
  • Terkait dengan pencapaian di masa depan yang Ibu harapkan, coba telisik kembali apa yang Ibu inginkan untuk diri sendiri, keluarga, dan anak-anak.

3. Berbagi Pikiran dengan Orang yang Dipercaya

Ini dapat membantu Ibu mendapatkan perspektif yang berbeda dan memberi saran yang bermanfaat. Hal ini dapat membantu Ibu untuk memahami diri lebih baik. Ini dapat Ibu lakukan dengan berbicara dengan pasangan, keluarga, atau terapis. Berbincang dengan bestie juga tentunya bisa jadi healing yang menyenangkan kan Bu?

4. Menetapkan Tujuan dan Melakukan Tindakan

Setelah mengenali kekuatan dan kelemahan diri, selanjutnya adalah menetapkan tujuan yang ingin dicapai. Buatlah daftar tujuan yang jelas, terukur, dan memberikan manfaat. Lalu lakukan tindakan nyata untuk mencapainya. Ibu jangan ragu yah untuk meminta bantuan atau saran dari orang lain jika diperlukan.

5. Mengakui dan Merayakan Kemenangan Diri

Setelah berhasil mencapai tujuan yang telah ditetapkan, jangan lupa untuk mengakui dan merayakan kemenangan diri. Hal ini akan membantu Ibu menjadi lebih percaya diri dan memberi motivasi untuk terus belajar dan berkembang.

meme-refleksi-akhir-tahun-bu-ratih.jpg

Layakkah Merayakan Kemenangan Diri?

Bu, don't be too hard on yourself. You already are.

Sebagai Ibu, mantra tersebut juga seringkali penulis ucapkan untuk diri sendiri lho Bu. Apalagi ditambah dengan pertanyan-pertanyaan seperti berat badan anak yang nggak kunjuk naik, yang sulung kok belum bisa baca dan lainnya. Wah, rasanya kok apa yang kita lakukan masih terasa kurang yah bu?

Tapi ada satu hal yang harus dipahami bahwa merayakan kemenangan diri adalah cara menghargai diri sendiri. Merayakan kemenangan diri adalah tentang menyadari bahwa Ibu telah melakukan yang terbaik dan menghargai kemajuan yang Ibu buat, sekecil apapun itu.

Nggak perlu mentereng masuk instagram, namun dengan Ibu tetap tenang saat anak tantrum juga merupakan sebuah kemajuan lho bu. Merayakan kemenangan diri adalah cara memotivasi diri sendiri untuk terus maju dan mencapai tujuan yang sudah Ibu tetapkan.

Ibu bisa merayakannya dengan menghadiahkan sesuatu untuk diri sendiri, menyatakan terimakasih untuk support system yang telah membantu dan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Apapun yang terjadi, Ibu telah berusaha dan bahkan sudah menjadi Ibu jagoan bagi anak-anak.

Ingatlah bahwa Ibu juga harus mengurus diri Ibu sendiri, dan pengalaman adalah guru terbaik. Ibu bisa berbagi berbagi hal apa yang mau Ibu refleksikan di kolom comment bawah ini. Jangan lupa bahwa Ibu selalu bisa menggapai komunitas Ibu Makin Jago melalui telegram dan mampir juga yah ke Instagramnya Ibu makin Jago!

Selamat menyongsong 2023 dengan lebih bersinar Ibu. Mari rayakan pencapaian diri ibu sebagai individu bersama dengan Jago, melalui Anniversary Jago di tahun 2023 mendatang. Semoga di tahun baru kelak, Ibu semakin jago dalam meraih impian Ibu.

hadapi-tahun-2023-ratih.png


Share:

Artikel Terkait

Mental Health - Jan. 31, 2022

Arisan Tanpa Ribet, Pakai Jago Aja Bu!

Baca selengkapnya >
Mental Health - Dec. 23, 2022

Goals Akhir Tahun 2022: Makin Bijak Mengelola Keuangan, Makin Jago Cari Diskon

Baca selengkapnya >
Cek Artikel Serupa

Comments

Add a Comment




Berlangganan

Jangan kelewatan artikel dan berita terbaru agar #Ibumakinjago ngatur cuan, jalanin bisnis, dan ngurus keluarga.

© 2023. Persembahan Ibu Punya Mimpi dan Bank Jago