Penuh Tantangan, Begini Tips Atur Keuangan untuk Single Mom dari Ibu Maureen Hitipeuw

Estimasi waktu membaca: 5 menit

“Wajar sekali jika ibu tunggal dihadapi tantangan mengelola keuangan pasca perceraian atau pasca pasangan berpulang duluan. Semuanya wajar tapi disitulah tantangan kami, kami harus belajar untuk melek finansial”, kata ibu Maureen Hitipeuw, founder dari Single Moms Indonesia, dalam wawancara online bersama Ibu Makin Jago.

Perubahan dalam mengelola keuangan rumah tangga pasti terjadi setelah seorang wanita menjadi ibu tunggal. Baik pasca perceraian maupun karena pasangan yang berpulang dahulu.

Namun hal tersebut tetap harus dihadapi di depan mata, dan sebagai single moms tantangan tersebut tentu tidak bisa ditunda untuk dihadapi namun harus secepat mungkin ditangani.

Oleh karena itu wajib sekali bagi single moms, yang mengatur keuangan rumah tangga seorang diri, agar lebih “melek” finansial demi keberlangsungan hidup anak dan rumah tangga.

Dengan latar belakang Ibu Maureen sebagai ibu tunggal, beliau tergerak untuk memiliki tempat yang aman dan nyaman untuk saling berbagi dan menguatkan. Setahun sebelum resmi bercerai, Ibu Maureen mencari komunitas namun sayangnya tidak menemukan komunitas yang spesifik untuk Ibu Tunggal di Indonesia.

Melalui proses jatuh bangun, self-healing, dan berdamai dengan kondisi, ibu Maureen memberanikan diri untuk mulai berkenalan dengan beberapa Ibu Tunggal lainnya. Akhirnya keinginan untuk punya satu tempat aman dan “nekat’ memulai Single Moms Indonesia (SMI) yang pertama kali berdiri tanggal 8 September 2014 dan sudah berjalan sampai 8 tahun hingga saat ini.

Komunitas Single Moms Indonesia

Sebagai seorang single mom, ada kalanya ibu menemukan kesulitan dalam mengelola keuangan. Ibu pun sudah pasti bingung dalam mengatur pos-pos keuangan rumah tangga, karena adanya perubahan flow pemasukan yang mungkin biasanya dari 2 pintu sekarang hanya dari 1 pintu.

Single Mom Pas Mau Ngatur Keuangan Keluarga

Nah, berangkat dari kebingungan single mom tersebut, Ibu Maureen mau sharing nih tips mengelola keuangan untuk Single Mom.

Yuk kita simak hacks dari Ibu Maureen berikut ini!

#1 Kenali kondisi keuangan (Financial Check-Up)

Nah, hal ini penting sekali untuk menjadi perhatian yang utama. Seperti apa kondisi keuangan rumah tangga ibu saat ini?

Ibu harus tau semua kondisi keuangan seperti apa, tagihan apa saja yang rutin ada setiap bulannya, berapa pemasukan kita, berapa hutang kita, berapa aset yang kita punya dan lain-lain. 

Saran dari Ibu Maureen, ibu bisa mulai untuk melakukan pencatatan pengeluaran, lakukan dengan sedetail mungkin yah, bu. Hal ini bertujuan agar ibu dapat mengetahui keadaan dan kenyataan kondisi keuangan saat ini seperti apa. Selain itu, financial check-up juga mempermudah ibu dalam melakukan langkah selanjutnya.

Baca juga: Yuk, Lakukan Financial Checkup, Periksa 6 Hal Ini

#2 Atur Cash Flow

Setelah melakukan financial check-up, ibu jadi bisa lebih mengenal nih kondisi keuangan rumah tangga saat ini. Selanjutnya, ibu bisa mulai mengatur cash flow sesuai kondisi keuangan ibu.

Ibu bisa mulai dengan mengatur berapa persen dana yang dibutuhkan untuk melunasi hutang, berapa persen untuk pengeluaran rutin per bulan, berapa persen untuk gaya hidup, dan berapa persen untuk ditabung. 

Disini ibu juga bisa menggunakan skala prioritas supaya terhindar dari godaan untuk belanja hal-hal yang sebenarnya tidak penting. Disiplin penting menurut Ibu Maureen agar pengeluaran sesuai dengan budget yang sudah ditentukan per bulannya.

Saran dari Ibu Maureen: harus jujur. Dan jika perlu, turunkan standar gaya hidup supaya tidak semakin kesulitan apalagi sampai terlilit lebih banyak hutang.

Ingat, tujuan kita untuk mengatur cash flow!

Ibu juga bisa menggunakan aplikasi Jago untuk mengelola cash flow rumah tangga ibu loh. Karena cash flow yang sehat bisa di cek juga dari riwayat transaksi supaya dapat mengetahui arus uang keluar dan masuk rekening ibu.

Ibu sedang sibuk dan enggan ke teller? Jangan khawatir karena dengan aplikasi Jago ini ibu bisa download e-Statement bulanan langsung loh! Semua transaksi ibu jadi rapih dan jelas. Kalau tidak mau download juga tidak apa bu. Karena ibu hanya butuh masuk ke aplikasi Jago di ponsel, lalu pilih e-Statement bulan apa yang ibu ingin lihat.

Baca juga: Nggak Perlu Lagi Repot ke Bank buat Cetak Buku Tabungan: Ini Solusi Praktis ala Jago

#3 Mulai menabung dan investasi

Tips yang ketiga dari Ibu Maureen adalah, menabunglah dengan tujuan. 

Ayo ngacung, siapa disini yang menabung tanpa tujuan? Menabung dengan tujuan ternyata banyak manfaatnya loh, bu! Salah satunya adalah memudahkan dalam mengatur keuangan, terutama untuk Single Parent.

Baca juga: Menabung vs. Investasi: Kenali Perbedaan Utama Keduanya

Kira-kira tujuan apa saja yang harus diperhatikan? Misalnya dana darurat, dana pendidikan, dana konsumsi, dana liburan, atau dana pensiun. 

Namun jangan lupa, sebelum itu ibu harus memprioritaskan melunasi hutang terlebih dahulu sebelum memulai menabung atau investasi. Pelajari sedetail mungkin bentuk investasi yang ada supaya kita dapat memilih yang paling sesuai dengan kondisi dan tujuan kita. 

Jadi ada baiknya bila ibu menyelesaikan hutang atau paling tidak lakukan pembayaran sesuai dengan tenggat waktu yah bu! Bahkan terkadang ibu Maureen membayar hutang lebih supaya cicilan segera lunas jika dananya memang ada. 

Wah, oke banget nih bu biar ga kejar-kejaran dalam melunasi hutang yah!

Apakah ibu sudah memberanikan diri sudah memiliki tabungan dan sudah berani memulai investasi?

Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) di tahun 2020, ternyata jumlah investor wanita masih lebih sedikit yaitu sebesar 38.41% dibandingkan dengan investor pria sebesar 61.59%.

Karena itu ada baiknya nih bu kita coba mempelajari instrumen menabung dan investasi yang baik untuk keuangan keluarga.

Kabar gembira ibu-ibu semua!

Dengan aplikasi Jago, ibu bisa menabung sekaligus berinvestasi juga loh! Ibu bisa memanfaatkan Kantong Jago untuk membagi-bagi tujuan keuangan.

Mulai dari kantong untuk dana darurat, kantong untuk dana pendidikan, kantong untuk dana konsumsi, kanting dana liburan, dan kantong untuk dana pensiun. 

Dan juga asiknya aplikasi Jago ini sudah terintegrasi loh bu dengan aplikasi Bibit. Jadi ibu tidak usah repot-repot lagi untuk download aplikasi tambahan lainnya.

Praktis banget kan, bu!

Integrasi aplikasi Jago dan Bibit

#4 Siapkan Proteksi

Sebagai ibu tunggal yang menjadi tulang punggung keluarga kita juga perlu memikirkan proteksi untuk anggota keluarga. Proteksi yang ibu Maureen sendiri terapkan adalah seperti dana darurat dan asuransi. 

Menurut ibu Maureen, yang mutlak dan perlu kita miliki adalah asuransi jiwa dan kesehatan. Minimal memiliki BPJS yah bu!

Alokasi THR dan Bonus

Untuk THR dan Bonus sendiri Ibu Maureen juga alokasikan secara khusus, dengan cara mengalokasikannya sesuai dengan posko masing-masing.

Hmm, apa aja sih poskonya Ibu Maureen?

  • Melunasi hutang
  • Investasi/saving 
  • Bersedekah
  • Pengeluaran hari raya
  • Rewards diri
  • Menabung sisanya

Namun terkadang sebagai ibu kita pastinya juga tergiur untuk menggunakan THR dan Bonus untuk diri sendiri. Misalnya untuk self-reward dengan travelling dan sebagainya. tahu-tahu budget sudah overspend, disusul dengan hutang ataupun tanggung jawab lainnya yang harus dilunasi.

Baca juga: Telanjur Overspend? Tenang, Lakukan 4 Hal Ini

Nah untuk antisipasi hal tersebut, Ibu Maureen punya solusinya!

Ada baiknya apabila uang THR dan Bonus tidak langsung digunakan untuk pampering ourselves bu. Namun sebaiknya bisa digunakan untuk membayar hutang dulu ya supaya semakin cepat lunas. 

Selanjutnya bisa alokasi juga untuk investasi atau saving. Hal ini sebaiknya menjadi prioritas khususnya untuk kita ibu tunggal yang bertanggung jawab sepenuhnya untuk biaya hidup dan biaya pendidikan anak-anak. 

Untuk self-reward bisa banget loh dilakukan dengan cara sederhana dan tidak perlu menghabiskan banyak uang. Mulai dengan merubah mindset dan mulailah berinvestasi dalam menambah ilmu serta keahlian. Hal tersebut sama dengan investasi pada diri sendiri loh, bu! Dengan menambah ilmu dan keahlian, kita dapat menjadikannya side hustle dan sumber penghasilan lain yang tentu saja akan menambah pundi-pundi pemasukan ibu.

Sekarang ini banyak kelas-kelas yang bisa ibu gunakan untuk investasi ke diri sendiri, dimana investasi ini tidak akan pernah ada ruginya dan bisa saja memberikan kesempatan untuk kita menambah penghasilan. 

Misalnya, ibu bisa ikutan kelas ataupun acara-acara yang di adakan Ibu Punya Mimpi juga. Untuk yang penasaran, ibu bisa cek aktivitas Ibu Punya Mimpi disini yah.

“Untuk single moms di luar sana yang masih berjuang, tetap lah semangat. Ingat bahwa benar rejeki itu dari Tuhan, tapi kita sebagai perempuan harus bisa berdaya dan bekerja dengan hati gembira supaya rejeki kita pun dilancarkan oleh Semesta. 

Semoga semua lelah kita demi membesarkan anak-anak akan terbayar tunai saat kita berhasil menghantarkan mereka menjadi manusia-manusia yang baik dan sukses. Jangan menyerah ya!”, pesan Ibu Maureen.

Ibu Maureen Hitipeuw Founder Single Moms Indonesia

Sekarang ibu sudah tau bagaimana tips mengatur keuangan untuk single parent terutama single mom dari ibu Maureen. Jangan lupa juga ibu bisa manfaatkan fitur aplikasi dari bank Jago agar semua jadi jago mengatur keuangan pribadi dan rumah tangga.

Ibu belum punya aplikasi Jago? Yuk, download aplikasi Jago disini!

Tips Atur Keuangan untuk Single Mom


Share:

Artikel Terkait

Jago Bisnis - Nov. 22, 2021

Ibu Makin Jago Budgeting, Usaha Makin Cling-cling

Baca selengkapnya >
Jago Bisnis - Dec. 22, 2021

Akhir Tahun Nih, Yuk Saatnya Ibu Evaluasi Keuangan Bisnis

Baca selengkapnya >
Cek Artikel Serupa

Comments

Add a Comment




Berlangganan

Jangan kelewatan artikel dan berita terbaru agar #Ibumakinjago ngatur cuan, jalanin bisnis, dan ngurus keluarga.

© 2021. Persembahan Ibu Punya Mimpi dan Bank Jago