Ingin Membuat Konten? Intip Rekomendasi Tools Content Creator dari Irma Firdawanti

Siapa nih ibu yang suka membuat konten di sosial media? Rasanya tuh seru ya bu ketika kita berhasil membuat konten dan diapresiasi banyak orang. Apalagi sekarang banyak banget jenis konten yang bisa dieksplor, dari foto, video, hingga tulisan blog. Tentunya dalam pembuatan konten tidak lepas juga dari unsur behind the scene, terutama tools content creator dan aplikasi yang digunakan dalam proses pembuatan konten.

“Halah, buat konten aja kok susah. Kan tinggal foto cekrak cekrik, rekam, ketik-ketik tulisan, upload deh!”

Padahal, membuat suatu konten tidak semudah itu loh, bu! Diperlukan cukup banyak tools dan aplikasi untuk menunjang proses pembuatan konten. Hal tersebut juga diakui oleh narasumber Ibu Makin Jago kali ini yang sudah malang melintang di dunia content creator yaitu Ibu Irma Firdawanti.

Ibu Irma Firdawanti

Ibu Irma Firdawanti atau yang akrab disapa Ibu Irma adalah seorang ibu rumah tangga yang juga seorang Instagram content creator (@irma_firda) dan blogger (www.irmafirda.com). Ibu dua anak yang memiliki 30.900 followers Instagram ini mengungkapkan bahwa pada awalnya ia tidak terpikir untuk masuk ke dunia kreator. Karena rasa bosan dan insecure sebagai seorang ibu rumah tangga, Bu Irma kemudian iseng untuk membuat blog yang membahas lifestyle. Merasa butuh tambahan ilmu dan koneksi, Bu Irma mencoba mengikuti berbagai workshop salah satunya tentang SEO blog dan content social media, serta masuk ke komunitas Mom Influencer yang ternyata malah menuntun dirinya untuk menjadi seorang content creator Instagram.

akun instagram ibu irma firdawanti @irma_firda

Membuat Konten yang Menarik

Menjadi seorang content creator ternyata tidak hanya tentang bagaimana membuat konten loh, namun juga diperlukan berbagai trik jitu agar konten yang dibuat bisa menarik, ramai, dan bahkan menjadi pundi-pundi uang!

Baca juga: Jago Menambah Penghasilan dari Hobi? Kenapa Enggak!

Menurut Bu Irma yang sudah menjadi langganan brand ternama, ada tujuh cara yang bisa ibu manfaatkan agar konten yang dibuat menjadi lebih menarik:

#1 Tentukan niche

Niche penting banget loh bu agar menjadi identitas atau branding untuk akun kita. Jika ibu suka memasak, ibu bisa membuat konten resep masakan yang simpel, atau membuat ide bekal untuk anak. Atau mungkin ibu suka tentang dunia make up dan skin care? Nah, ibu bisa banget membuat konten tentang tutorial ataupun review produk. Ingat bu, mulai dari apa yang ibu sukai ya!

#2 Membuat foto dan video yang estetik

Sebuah konten tentu tidak lepas dari foto dan video ya, apalagi jika kita membuat konten di Instagram. Menurut Bu Irma, untuk membuat konten yang menarik, usahakan foto dan video yang diambil memiliki pencahayaan yang oke, jelas, dan tidak buram. Biasanya Bu Irma menggunakan cahaya matahari sore untuk menghasilkan foto dan video yang ciamik nih!

Selain itu, jangan asal-asalan memilih background untuk foto dan video ibu. Jika dirasa tidak menemukan background yang menarik, ibu bisa menggunakan kain backdrop warna putih untuk kesan rapi. Jangan lupa tambahkan beberapa properti ya, bu!

meme ibu content creator

#3 Buat feed Instagram terlihat menarik

Bagaimana sih cara membuat feed Instagram terlihat menarik? Bu Irma membeberkan rahasianya nih! Menurutnya, penting sekali bagi content creator untuk membuat feed yang rapi dan menarik, salah satu caranya adalah dengan menggunakan tone foto yang seragam.

#4 Story telling dengan caption Instagram

Foto dan video yang bagus sudah, terus apalagi ya? Jangan lupakan tentang caption Instagram, bu! Bu Irma menjelaskan bahwa penting banget nih untuk membuat caption yang menarik orang untuk membaca dan yang bisa ibu lakukan adalah menggunakan story telling.

#5 Hashtag yang relate dengan konten

Konten yang menarik dan caption yang mengundang memang dapat menaikkan reach, namun ibu juga bisa memaksimalkan reach akun Instagram ibu dengan menggunakan hashtag. Ibu Irma menjelaskan bahwa hashtag masih berguna loh untuk konten. Gunakan hashtag yang relate dan nyambung dengan isi konten. Secara otomatis, konten ibu akan muncul di top search dan tentu saja menaikkan peluang agar makin viral.

#6 Gunakan lagu yang sedang viral untuk konten video atau reels

Ibu suka membuat video atau reels? Maka tips satu ini akan sangat berguna! Menurut Bu Irma, memasukkan lagu atau sound yang sedang viral dapat menaikkan peluang konten ibu ditonton oleh banyak orang, lho. Wah, kalau begitu, jangan lupa untuk terus update tentang lagu atau sound kekinian, bu!

#7 Konsisten membuat konten

Ibu Irma mengatakan bahwa kunci dari semuanya adalah konsisten! Yup, hal ini benar sekali, bu. Dengan konsisten membuat konten, nantinya ibu bakal tahu nih konten seperti apa yang memiliki reach serta engagement yang tinggi. Hal ini tentunya sangat berguna ya untuk menentukan konten seperti apa yang dinikmati oleh followers akun ibu. Selain itu, konsisten membuat konten akan meningkatkan peluang konten ibu muncul di top search yang tentu saja bakal menambah followers dan kemungkinan dilirik brand.

Rekomendasi Tools Content Creator

Nah, pertanyaannya, apakah membuat konten yang bagus dan menarik hanya bisa dengan modal handphone atau kamera saja? Ternyata tidak, bu! Ibu Irma menceritakan bahwa ia membutuhkan berbagai tools content creator, peralatan, dan aplikasi tambahan untuk membuat kontennya menjadi semakin cling-cling. Kira-kira apa saja ya rekomendasi tools untuk content creator ala Bu Irma?

#1 Tools untuk take foto dan video

Selain handphone atau kamera, ternyata ada beberapa peralatan yang cukup penting untuk mengambil foto maupun video untuk konten. Menurut Bu Irma, hal paling esensial adalah tripod karena ini sangat berguna untuk membuat foto dan video yang stabil. Selanjutnya ada ring light yang digunakan untuk pencahayaan serta bluetooth shutter yang biasa digunakan content creator untuk mengambil foto dan video sendirian.

Jangan lupakan berbagai perintilan seperti kain backdrop serta properti foto yah bu untuk membuat foto dan video semakin menjadi hidup. Bu Irma menyebutkan bahwa properti foto meskipun sepertinya kecil dan tidak penting, namun ternyata dapat membuat foto atau video menjadi jauh lebih menarik. Ibu bisa gunakan barang-barang di sekitar Ibu seperti cangkir, buku, peralatan tulis menulis, dan sebagainya.

#2 Aplikasi editing foto dan video

Tools content creator yang kedua ternyata bukan berupa peralatan loh namun aplikasi yang digunakan untuk editing foto dan video. Aplikasi ini sangat penting ya bu karena untuk membuat konten dan feed Instagram yang menarik tentu kita tidak bisa menggunakan foto atau video yang masih raw. Ibu Irma menggunakan beberapa jenis aplikasi, salah satunya adalah VSCO, PicsArt, dan Adobe Lightroom untuk editing foto dan aplikasi InShot serta Capcut untuk mengedit video.

#3 Aplikasi content planner

Jika ibu merasa kesulitan untuk membuat plan konten, ibu bisa gunakan aplikasi seperti Trello ataupun Notion untuk mengklasifikasikan konten yang mau ibu buat, loh. Karena dituntut untuk konsisten membuat konten, tentu kita membutuhkan bantuan untuk men-arrange belasan bahkan hingga puluhan konten. Nah, aplikasi planner seperti ini sangat membantu kerja content creator agar semakin fokus dalam menghasilkan karya.

Selain aplikasi planner, ibu juga dapat memanfaatkan aplikasi bawaan Facebook dan Instagram untuk mem-publish konten ibu yakni menggunakan Facebook Creator Studio atau Meta Business. Apa sih kelebihan aplikasi tersebut? Ibu dapat menggunakannya untuk upload konten via PC hingga menjadwalkan konten. Gak ada lagi deh yang namanya keburu-buru upload!

#4 Hardware

Jika ibu seorang Instagram content creator yang seorang blogger seperti Ibu Irma, maka tidak hanya handphone dan kamera saja nih yang ibu butuhkan. Ibu juga butuh tools yang nyaman untuk membuat tulisan seperti laptop atau PC, keyboard, dan mouse yang nyaman. Jangan sampai deh proses pembuatan konten terhambat karena laptop yang super lelet atau keyboard yang tombolnya tidak berfungsi.

Untuk ibu yang mau memulai karir sebagai content creator ketika melihat daftar tools dan aplikasi yang digunakan pasti mikir keras nih,

“Waduh, kalau toolsnya segitu banyak aku belum ada dananya nih. Belum lagi aplikasi-aplikasi itu kayaknya gak semua free deh. Terus, apa bisa aku menghasilkan konten yang bagus dan menarik kalau toolsku masih ala kadarnya gini?”

Tahu gak sih bu, hal ini juga yang pertama kali dirasakan oleh Bu Irma ketika awal-awal nyemplung di dunia content creator. Tapi, Bu Irma tidak patah semangat dan terus memutuskan untuk maju nih meskipun tools content creator dan aplikasinya belum secanggih sekarang. Bu Irma menuturkan bahwa hal pertama yang ia beli untuk keperluan ngonten adalah tripod. Setelahnya, ketika Bu Irma berhasil mendapatkan uang dari pekerjaan konten, secara perlahan Bu Irma menambah tools dan aplikasi berbayar dengan menabung sedikit demi sedikit.

Selain menabung konvensional, ibu juga bisa loh memanfaatkan Kantong Nabung dari aplikasi Jago. Gak perlu punya banyak rekening, ibu bisa manfaatkan berbagai Kantong Nabung hanya dengan satu rekening Jago. Selain itu, ibu bisa menggunakan fitur Target dan Autosave yang bikin uang ibu masuk ke kantong secara otomatis sesuai dengan target yang dibuat. Wah, gak bingung lagi deh menabung tools ngonten kalau ada Jago yang mempermudah semuanya.

Baca juga: Mau Nggak Repot Atur Keuangan? Langsung Gunakan 2 Fitur Aplikasi Jago Ini

Gak mau sendirian nabung? Yuk, ajak teman-teman ibu untuk ikut Arisan Menabung Mimpi seperti penulis Ibu Makin Jago disini! Jadi, arisan bukan sekedar arisan nih. Tapi juga menjadi wadah ibu untuk mewujudkan mimpi, seperti ibu content creator yang mau mewujudkan wishlist berupa peralatan ngonten. Cus buu ajak teman-temannya!

Menjadi content creator di Indonesia memang banyak pros and cons ya, bu. Belum lagi dengan semakin menjamurnya content creator yang ada di dunia media sosial jadi memang perlu banget nih menjadi creator yang memiliki ciri khas tersendiri agar menonjol dan dilirik orang serta brand-brand. Sama nih seperti pesan Bu Irma untuk ibu-ibu yang mau memulai karir di dunia content creation,

“Mulai aja dulu Bu. Mulai membuat konten yang Ibu suka. Kemudian lakukan secara konsisten. Dan jangan lupa untuk selalu belajar membuat konten yang menarik. Selamat Berkarya Bu! :)”

Wah, jadi makin semangat gak sih bu untuk terus berkarya. Jangan lupa untuk terus konsisten berkarya sehingga ke depannya ibu akan menemukan ciri khas dan kekuatan ibu sebagai seorang content creator. Apalagi jika perjalanan ibu ditemani oleh aplikasi Jago yang hadir untuk mempermudah hidup. Download aplikasinya disini yah, bu!

rekomendasi tools untuk content creator


Share:

Artikel Terkait

Jago Keluarga - May 20, 2022

Bukan Mission Impossible, Lakukan Tips Ini untuk Menabung Dana Haji

Baca selengkapnya >
Jago Personal - July 18, 2022

Kompetisi Ibu Makin Jago: Cara Mencapai Mimpi Agar Selangkah Lebih Jago

Baca selengkapnya >
Cek Artikel Serupa

Comments

Add a Comment




Berlangganan

Jangan kelewatan artikel dan berita terbaru agar #Ibumakinjago ngatur cuan, jalanin bisnis, dan ngurus keluarga.

© 2021. Persembahan Ibu Punya Mimpi dan Bank Jago