Goals Akhir Tahun 2022: Makin Bijak Mengelola Keuangan, Makin Jago Cari Diskon

Apa yang digantung di seantero mall pada akhir tahun tapi bukan dekorasi?

Notifikasi apa yang selalu ke pop up di handphone ibu, mendekati akhir tahun?

Hayo, apa coba Bu?

Yak, tepat sekali. Tanda diskon akhir tahun!

Akhir tahun bisa jadi waktu yang tepat untuk berbelanja. Apalagi kalau kita bisa mencari celah belanja yang lebih murah. Sebenarnya tidak hanya belanja saja. Tempat wisata, barang elektronik, bahkan kendaraan bermotor pun kerap menawarkan potongan harga yang menggiurkan. Sebagai Ibu ekonomis yang semakin jago untuk pilah-pilih barang, diskon akhir tahun adalah godaan yang tak mungkin untuk dilewatkan tentunya.

Akhir tahun ini, Ibu sudah mengincar barang apa saja nih? Kayaknya peralatan dapur banyak yang menarik. Atau mungkin tas laptop yang sudah bertengger lama di keranjang belanja, tapi belum di checkout?

Tenang dulu Bu. Diskon akhir tahun jangan berakhir jadi boros atau sampai makan jatah SPP anak tahun depan. Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan bareng-bareng, biar Makin Jago pilih diskon akhir tahun.

Tips Makin Jago Pilih Diskon Akhir Tahun

1. Jangan Terburu-buru untuk Membeli

Inhale… Exhale… Bila melihat barang dengan harga diskon, kita biasanya kalap dan terburu-buru membeli barang tersebut. Terkadang kita suka lupa, apakah benar membutuhkan barang tersebut atau cuma pengen saja?

Sebaiknya, buat daftar belanja terlebih dahulu sebelum membeli barang. Buat prioritas mana yang pertama dibeli dan selanjutnya. Bila masih ada sisa dana, boleh lanjut check out barang-barang yang Ibu inginkan. Jangan sampai kalap yah bu, jangan sampai ibu menderita di akhir bulan.

2. Cari Informasi Sebanyak-banyaknya

Media sosial merupakan salah satu tempatnya informasi beragam diskon. Saat Ibu scrolling di instagram, coba cek akun resmi dari brand atau toko yang menyediakan barang incaran Ibu. Siapa tahu sedang ada diskon akhir tahun. Ibu juga bisa follow akun tersebut dan nyalakan notifikasinya, sehingga tidak terlewat informasi tentang diskon. Bisa juga gunakan hashtag seperti #diskon atau #sale untuk mencari informasi diskon dari berbagai brand atau toko.

Istilah “cek toko sebelah” juga masih berlaku lho Bu. Kalau kita terburu-buru membeli barang ketika mendapatkan diskon, bisa jadi yang kita dapatkan mungkin bukanlah yang terbaik. Cek dulu diskon yang tersedia di toko atau brand lain untuk mendapatkan yang paling baik.

Selanjutnya, ini dia nih favoritnya Ibu-ibu Indonesia. Bacain review! Review produk dari pembeli sebelumnya juga masukan yang berguna lho. Biasanya di marketplace kita bisa lihat review langsung dari pembeli, mana yang bintang lima dan mana yang bintang satu. Yakin deh, Ibu jadi makin banyak mendapat informasi, sehingga dapat menimbang produk terbaik incaran ibu.

3. Kenali Jenis Barang yang Ibu Butuhkan

Seperti yang disebutkan diatas, beberapa jenis barang memang secara rutin akan mendapat diskon akhir tahun. Pengalaman saya sendiri, membeli barang elektronik di akhir tahun adalah saat yang paling tepat. Saat itu saya pernah membeli kulkas dan mesin cuci. Diskon yang didapatkan lumayan banget, plus free ongkir (ini sesuatu juga kan ya Bu?).

Barang-barang elektronik atau kendaraan bermotor mengalami cuci gudang karena akan berganti model di tahun berikutnya. Jadi kalau Ibu mengutamakan fungsi daripada model terkini, bisa banget nunggu sampai akhir tahun untuk belanja kalau memang tidak mendesak ya.

Untuk produk skincare dan kosmetik lainnya, jangan lupa cek kadaluarsanya ya Ibu jagoan. Teliti sebelum membeli sangat penting untuk produk skincare. Nggak mau kan niat glowing di awal tahun berakhir gagal sempurna karena barang kadaluarsa?

4. Hati-hati Flash Sale

Ibu Jagoan, saat tergiur oleh penawaran yang hanya berlaku dalam waktu atau stock terbatas, duduk sejenak yuk. Kalau Ibu perhatikan, jadwal Flash Sale ini bisa berulang lho Bu. Bisa jadi kita terlewat hari Rabu, eh hari Sabtu udah ada diskon lagi. Harga yang ditawarkan memang menarik banget ya Bu, sampai-sampai bikin jempol auto checkout. Sesekali memicu adrenalin dengan ikutan Flash Sale pastinya menyenangkan. Biar nggak kalap, tetap tenang dan pegang list yang sudah dibuat Ibu buat.

5. Last but not Least, Siapkan Budget

Money cannot bring happiness, but surely can buy discounted items.

Kurang lebih demikian bukan Ibu? Untuk produk yang sudah Ibu idam-idamkan sejak lama, nggak ada salahnya untuk mencicil dananya. Misal di tahun 2022 ini Ibu sudah mengincar air fryer dengan harga Rp1,2 juta sebelum diskon. Bisa nih kita cicil dengan menabung sebesar Rp100 ribu selama 12 bulan, untuk dibeli di tahun mendatang. Akan terasa lebih ringan kalau dicicil sedikit-sedikit, lama-lama tentu akan jadi bukit.

Ngomong-ngomong tentang mencicil dan menyiapkan budget belanja akhir tahun, Ibu bisa pakai digital pocket yang bisa dibagi-bagi dananya untuk belanja akhir tahun, liburan, kebutuhan anak, dan lain sebagainya. Bahkan digital pocket ini bisa dibikin sampai 40 kantong! Bikinnya mudah banget, Ibu bisa download aplikasi Bank Jago di App Store ataupun IOS untuk menikmati fitur digital pocket tersebut.

Diskon akhir tahun memang akan selalu menggoda. Satisfying banget kan ya Bu bisa beli barang bagus, baru, wangi toko, dan mursida. Maka dari itu, Ibu harus makin jago mengelola keuangan terutama menjelang akhir tahun.

meme-goal-akhir-tahun-bu-ratih-kantongjago.jpg

Tips Mengelola Keuangan Akhir Tahun

Diskon akhir tahun memang menggoda, tapi Ibu jagoan jangan terlena begitu saja! Penting bagi kita untuk mengelola keuangan dengan baik. Walaupun sudah akhir tahun, kita bisa memulai beberapa langkah dibawah ini.

1. Pisahkan Dana Belanja atau Liburan dengan Tabungan

Punya tabungan khusus untuk belanja dan liburan tentunya akan sangat memudahkan hidup. Walaupun terkadang yang bikin risih adalah metodenya! Ternyata saat ini ada metode yang super praktis untuk memisahkan dana tersebut. Ibu nggak usah pakai banyak amplop atau bahkan punya banyak rekening tabungan seperti saya! Eits, yang senasib mari merapat. Karena ibu bisa dapatkan kemudahan finansial dengan digital pocket melalui aplikasi dari Bank Jago.

Nggak cuma itu, ada berbagai fitur menarik di aplikasi Jago yang memungkinkan Ibu untuk mengelola keuangan. Ibu bisa lakukan auto-nabung dana belanja maupun liburan dengan fitur Rencanakan. Bahkan Ibu bisa pilih untuk transfer otomatis supaya nabungnya nggak bolong-bolong lagi.

2. Catat Pengeluaran dan Pemasukan

Mencatat adalah langkah pertama untuk tahu apa saja yang kita lakukan. Dengan mencatat, kita jadi tahu boros dimana dan harus berhemat dengan cara apa.

Ibu mager dengan metode mencatat? Jangan sedih bu, semua sekarang bisa serba digital dengan aplikasi Jago. Disini ibu bisa lacak income ibu lari kemana saja, dan dipakai untuk expense apa saja, karena semua ada historynya. Nggak bingung lagi deh bu untuk cari tahu dimana sumber “kebocoran” rekening kita.

Kalau ibu sudah bisa lacak income dan expense, pastinya ibu akan lebih tenang untuk alokasikan dana berlebih. Apabila mau berinvestasi, ibu bisa lakukan di satu aplikasi Jago yang sama. Aplikasi Jago sudah terintegrasi juga dengan Bibit, ibu jadi nggak perlu repot buka rekening baru lagi.

Selain Bibit, ternyata ibu bisa terhubung dengan GoPay juga lho. No more riweuh top-up untuk biaya transport atau jajan makanan kesukaan. Karena untuk top up semudah pilih Main Pocket (atau Kantong Jago lainnya) yang sudah terhubung sebagai metode pembayaran. Otomatis saldo GoPay ibu akan langsung terisi. Mudah sekali kan bu?

3. Selesai Belanja, Istirahat Dulu

Kalau sudah selesai belanja, istirahat sejenak dari hiruk pikuk diskon. Tutup dulu marketplacenya dan akun jastip lainnya. Sejenak beralih untuk menengok lagi history keuangan. Atau ibu bisa mulai merencanakan untuk keuangan tahun depan yang lebih baik. Langkah kecil yang bisa ibu lakukan bisa jadi menabungkan sisa belanja diskon ini, di salah satu pocket Jago milik ibu. Jangan lupa namain pocketnya dengan nama “Lebihan Belanja”, siapa tahu bisa digunakan untuk diskon akhir tahun mendatang!

meme-goal-akhir-tahun-bu-ratih.jpg

Ternyata mengatur keuangan nggak sesulit bayangan kita yah bu! Untuk ibu yang mau belajar bersama ibu lainnya jadi lebih jago financial, boleh join ke telegram Ibu Makin Jago yuk! Di sini Ibu bisa dapatkan tips seputar financial, self care, mental health, dan parenting. Siapa tahu lagi ada giveaway juga. Lumayan kan untuk lusa belanja lagi.

Nah, dari semua tips di atas kira-kira tips mana nih yang sudah pernah Ibu dilakukan? Kalau Ibu punya tips lainnya boleh ditambahkan di kolom komentar ya.

Happy year end sale, Ibu Makin Jago!!!

goals-akhir-tahun-bu-ratih (1).png


Share:

Artikel Terkait

Jago Personal - Jan. 14, 2023

Gaya Parenting Bisa Pengaruhi Keputusan Finansial Anak di Masa Depan. Apa Iya??

Baca selengkapnya >
Jago Personal - Dec. 25, 2022

Nggak Cuma Tahun yang Baru, Anggaran Rumah Tangga Baru Juga Dong!

Baca selengkapnya >
Cek Artikel Serupa

Comments

Add a Comment




Berlangganan

Jangan kelewatan artikel dan berita terbaru agar #Ibumakinjago ngatur cuan, jalanin bisnis, dan ngurus keluarga.

© 2021. Persembahan Ibu Punya Mimpi dan Bank Jago