Gabung Dengan Komunitas Ibu Makin Jago, Jalan Ninja Jadi Ibu Jagoan


Sometimes, when you become a mother, you’re building a community from scratch.”

(Terkadang, saat kamu menjadi seorang ibu, kamu harus memulai membangun sebuah komunitas dari awal)


Menjadi ibu adalah salah satu fase kehidupan yang melibatkan banyak emosi. Ada haru saat si kecil lahir dan ada masa bahagia melihat senyum pertamanya. Disusul dengan kebingungan karena tangis pecah tengah malam yang melelahkan. Tak jarang rasa sepi melanda karena berkutat pada hal yang sama. Bahkan sesekali menyeruak rasa rindu masa-masa bersama teman.

Ternyata, menjadi ibu bukan perkara yang mudah yah? Tidak ada sekolah yang mengajari akan hal itu ataupun kursus yang mempersiapkan kita menjadi ibu yang paripurna!

Tapi tenang bu, memang nggak ada ibu yang sempurna. Nggak ada satupun yang terlahir sudah paham tentang apa yang harus dilakukan saat menjadi ibu. Bahkan saat ibu memiliki anak ke dua pun, semua haru biru plus kebingungan pun akan mulai dari awal kembali.

Bener apa bener banget nih bu?

Mungkin ibu bertanya-tanya, gimana yah caranya kita tetap bisa berkembang dan menaklukan semua tantangan dalam dunia pengasuhan ini?

Seperti quote yang diatas, ternyata salah satu cara yang bisa ibu lakukan agar tetap berkembang adalah dengan bergabung dalam komunitas lho! Apalagi zaman era digital seperti ini, mencari komunitas untuk ibu-ibu semudah scrolling di media sosial. Banyak sekali komunitas yang dapat ibu ikuti, mulai dari komunitas ibu muda, komunitas parenting, komunitas ibu pengusaha, bahkan komunitas ibu-ibu content creator pun ada.

Ternyata, bergabung dengan komunitas juga membawa banyak manfaat lho bu. Selain bisa menghapus kegalauan karena kejenuhan rutinitas sehari-hari, ibu juga bisa mendapatkan teman baru. Yuk, cek di bawah ini untuk manfaat yang bisa ibu rasakan saat gabung bersama komunitas!

Manfaat Bergabung dengan Komunitas

#1. Bertemu dengan Teman Baru

Setelah seharian mengurus si kecil, bertemu dengan sesama orang dewasa itu tak tertandingi rasanya. Dengan sesekali menyempatkan diri untuk bertemu dengan orang baru dan membicarakan hal-hal di luar keseharian, terkadang itu bisa membuat kita healing. Walaupun ujung-ujungnya akan balik lagi ke urusan anak, dapur, dan rutinitas, tapi bersosialisasi dengan orang baru di komunitas ibu-ibu akan tetap memberi manfaat buat ibu. Ibu akan mendapat perspektif baru, info terkini, atau sekedar bertukar berita.

Nah, kira-kira kapan terakhir kali ibu bertemu dengan teman baru?

#3. Pelepas Penat

Bergabung dalam komunitas ibu-ibu, ternyata bisa jadi pelepas penat yang lama menggantung. Bisa keluar dari rutinitas keseharian barang sejenak, pastinya mewah banget yah bu! Tapi ibu sadar nggak sih, kalau ternyata si kecil pun mungkin juga bisa merasa penat atau bosan. Sama seperti ibu, si kecil juga pastinya akan senang bu mengunjungi tempat baru dan mendengar hal baru. Atau bisa jadi, dengan bergabung dalam komunitas, si kecil bisa menemukan teman sepermainan baru juga.

Kalau sudah begini kan serasa dapat jackpot ya Bu. Ibu tidak stress lagi plus si kecil juga ceria. Tinggal bapaknya saja yang dibujuk untuk antar sana sini. Pasti mau kan ya bu?

#4. Membuka Peluang Baru

Salah satu manfaat berkomunitas yang berikutnya yaitu ibu bisa memperluas peluang baru lho! Tidak hanya peluang mendapat teman baru yang terbuka, namun ibu bisa juga mendapatkan peluang untuk memperdalam hobi, mencoba skill baru, bahkan berkolaborasi untuk memulai bisnis juga bisa terjalin. Nggak hanya itu, ibu bahkan juga bisa mendapatkan tawaran pekerjaan lepas yang bisa dikerjakan sembari mengasuh anak di rumah.

Makin menarik yah Bu untuk bergabung dengan komunitas ibu-ibu. Mungkin ibu mulai kepikiran untuk masuk komunitas dan buka peluang baru kah bu?

#5. Memiliki Tempat Belajar

Saat menjadi ibu, rasanya butuh belajar cara memandikan bayi, menggendong, lanjut ke MPASI, lalu stimulasi tumbuh kembang dan seterusnya. Rasanya mengikuti tumbuh kembang si kecil nggak ada habisnya. Itu baru untuk si kecil. Belum lagi soal atur pola makan keluarga, menata rumah, sampai mengelola keuangan. Kalau semua harus ikut kursus, bisa boncos nih Bu! Tapi, dengan mengikuti komunitas, ilmu tersebut bisa kita dapatkan.

Dari banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan dengan gabung bersama komunitas, selanjutnya ibu bisa pertimbangkan komunitas mana yang akan ibu pilih. Caranya bagaimana? Simak terus tips dibawah ini yah bu!

Meme-Berkomunitas, Jalan Ninja Untuk Jadi IbuJagoan.png

Pertimbangkan 4 Hal Ini Saat Memilih Komunitas

Dalam fase ini, ibu boleh menyortir mana komunitas yang paling cocok untuk ibu dengan menilisik apa kebutuhan ibu. Kira-kira di bawah ini adalah empat pertanyaan yang bisa ibu pertimbangkan sebelum memilih sebuah komunitas yang pas.

#1. Apa yang Ibu Butuhkan

Ambil waktu sejenak dan coba renungkan. Sekarang sedang butuh apa yah? Belajar masak MPASI? Mau comeback ke dunia kerja? Atau mau mengatur keuangan keluarga? Kebutuhan ibu menentukan komunitas apa yang harus ibu cari tahu informasinya. Gali benar kebutuhan ibu dan tentukan prioritas untuk dapatkan yang ibu butuhkan.

#2. Program Apa yang Ditawarkan Komunitas Tersebut

Setelah tahu kebutuhan dan prioritas ibu, maka carilah informasi sebanyak mungkin tentang komunitas tersebut. Cara efektif untuk mencari tahu kesesuaian antara kebutuhan ibu dengan komunitas incaran ibu, adalah dengan menelaah program-program yang ditawarkan.

#3. Lokasi Komunitas Tersebut

Pandemi memang belum usai, tapi sebagai ibu bertemu dan bertatap muka adalah sebuah kebutuhan. Bila ada komunitas yang sesuai dan bisa diikuti secara online, memang akan sangat membantu ibu. Namun pertimbangkan juga untuk memilih komunitas yang berada di kota ibu. Seenggaknya, kalau ada acara tatap muka, ibu bisa ikutan juga lho! Percayalah Bu, bertemu dan berbincang ngalor ngidul dengan ibu lainnya itu dibutuhkan demi kewarasan.

#4. Siapa Saja yang Ikut Serta

Biasanya, ibu-ibu akan nyaman bila memiliki kenalan yang sudah masuk dalam komunitas tertentu. Tidak usah banyak, satu atau dua orang yang dikenal saja akan sangat menenangkan. Di lain sisi, bila benar-benar tidak ada yang dikenal bahkan anggota lain berasal dari beragam latar belakang, bisa jadi akan ada manfaat buat ibu. Ibu jadi paham banyak perspektif baru.

Melihat hal baru adalah tantangan yang menyenangkan lho bu!

Bicara tentang hal baru, aku mau kenalin komunitas Ibu Makin Jago nih Bu. Komunitas ini ingin menjadi sumber literasi keuangan bagi lebih banyak ibu dari berbagai komunitas. Ibu Makin Jago berkolaborasi dengan komunitas lain untuk menghasilkan konten yang relevan dan didukung oleh talenta dari banyak komunitas. Komunitas ini dikelola oleh Ibu Punya Mimpi, untuk menjadi wadah bagi ibu-ibu dari berbagai komunitas.

Ingin tahu lebih lanjut? Yuk, join telegram Ibu Makin Jago! Ibu akan mendapatkan informasi up to date seputar komunitas ibu-ibu dan acara webinar lainnya lho! Mari tumbuh bersama dan jadi jagoan dalam mengatur keuangan keluarga bersama Ibu Makin Jago

Penulis:

Ratih Widayanti

Referensi:

Mother.ly, Livingngtextiles.com, Popmama.com, Parenting.co.id

Infografis-Gabung-Dengan-Komunitas-Ibu-Makin-Jago.png


Share:

Artikel Terkait

Jago Keluarga - Jan. 31, 2023

Co-Parenting, Untuk Para Ibu yang Berbagi Pengasuhan Si Kecil

Baca selengkapnya >
Jago Personal - Dec. 3, 2021

Masih Mau Nunda buat Kelola Keuangan?

Baca selengkapnya >
Cek Artikel Serupa

Comments

Keren bu!

Nino

Add a Comment




Berlangganan

Jangan kelewatan artikel dan berita terbaru agar #Ibumakinjago ngatur cuan, jalanin bisnis, dan ngurus keluarga.

© 2021. Persembahan Ibu Punya Mimpi dan Bank Jago