Ringan Atur Uang Keluarga Berkat Kantong Bersama

Estimasi Waktu Membaca: 4 menit

Hidup kembali membawa kejutan, keluarga kami harus merelakan kepergian Papah tersayang di September 2021 lalu.

Satu bulan sebelumnya, memang Papah terkena Covid-19 dan dirawat di rumah sakit. Ia cukup kuat bertahan hingga dinyatakan negatif, tapi ternyata damage-nya sangat besar buat kondisi parunya yang memang berpenyakit bronchitis. Selang satu bulan, kondisinya menurun drastis dan harus dilarikan kembali ke IGD. Segala upaya terbaik dilakukan, tapi Papah memang gak bisa lagi pulang ke rumah bersama kami.

Rasanya masih belum bisa percaya kalau sekarang cuma ada mamah, wanita super yang selama ini udah merawat Papah dengan kekuatan dan kesabaran luar biasa.

Punya Orangtua Lansia

Kepergian Papah jadi pengingat keras buat kami. Kini, orang tua kita gak lagi sama gagah, gesit, dan serba bisa seperti waktu kita masih unyu dulu. Roda hidup berputar, sekarang giliran kita yang jaga mereka supaya bisa terus jalani hidup berkualitas meski kondisi fisik dan mentalnya mengalami penurunan.

Kebetulan di antara empat bersaudara, aku yang dipercaya buat kelola keuangan orang tua. Termasuk atur anggaran kesehatan, perawatan rumah, kebutuhan mobil, sampai printilan lainnya. Tentunya gak ketinggalan bikin budget khusus buat agenda rekreasi orang tua, buat jalan-jalan sama cucu, kumpul sama temen lama, atau jajan makanan favorit dari jaman pacaran dulu. Ada yang orang tuanya punya hobi sama juga gak nih?

Nah, budget pun bertambah di kala pandemi, kami merasa perlu perkuat kesehatan orang tua yang termasuk dalam kelompok rentan. Ya untuk beli booster vitamin, tambahan buah dan makanan bernutrisi, alat cek kesehatan, dan lainnya.

Tapi ternyata pusing juga loh jadi bendahara uang keluarga yang mengatur sekian banyak pos. Selain harus memastikan kesediaan dana dan beresin tagihan ini itu, yang paling terasa menantang tuh bikin orang tua paham sama kondisi riil keuangannya. Apalagi karena gak pernah mantau cash flow, mereka merasa dananya selalu ada dan bisa dicairin dadakan kapan pun.

Ringan Atur Keuangan Keluarga (4).png

Salah satu upayaku adalah menginisiasi kumpul keluarga buat khusus bahas hal ini, mirip rapat koordinasi lah. Tujuannya buat update kondisi keuangan dan rencana keluarga, supaya semua transparan dan saling mengerti. Tapi nyatanya, masih ada saja gesekan yang timbul karena perbedaan pemahaman. Padahal ga mau kan hubungan sama orang tua atau antar saudara jadi renggang gara-gara uang?

Wah gak bisa gini terus nih! apalagi setelah Papah meninggal ada urusan pembagian harta waris kan, jadi makin terpikir buat restrukturisasi pengelolaan uang keluarga.

But everything happens for a reason, kok ya pas banget sih gabung jadi penulis Ibu Makin Jago, kenalan sama fitur-fiturnya. Fitur Kantong Bersama ini menjawab kegelisahanku karena bisa mengelola keuangan keluarga dengan lebih transparan, supaya semua anak bisa ikut berkontribusi menabung sesuai dengan kemampuannya dan yang ga kalah penting, mudah diakses sama mamah.

(Baca Juga: Sudah Kenal Semua Jenis Kantong Jago?)

Langsung deh, ajakin mamah dan saudara yang lain buat daftar, supaya semua bisa ambil andil kelola keuangan keluarga dan tentunya keuangan rumah tangga masing-masing. Lagi-lagi ini juga waktunya pas banget sama periode promo cashback dari Jago, jadi pada makin semangat karena dapet cuan tambahan, mayan buat beli martabak premium.

Semua Jadi Jago Atur Keuangan Keluarga

Di Jago, kita tuh bisa bikin banyak Kantong Bersama sesuai dengan pos kebutuhan riil mamah, seperti dana kurban tahunan, perawatan gigi, bayar STNK mobil, sampai budget jalan-jalan. Memang sengaja kita bikin sedetail itu supaya lebih terfokus kumpulin dananya sekaligus mengurangi kebutuhan extra di luar rencana.

Walaupun namanya Kantong Bersama, bukan berarti dananya bebas ditarik sama siapa aja yah. Setelah semua anggota keluarga di invite, kita bisa atur supaya cuma orang tertentu yang bisa tarik uang dari rekeningnya, tapi semua tetap bisa berkontribusi nabung kapanpun dan sesuai kemampuan masing-masing.

Tips dari ku, khusus untuk kantong keluarga besar coba pilih icon khusus yang sama supaya lebih mudah terlihat bedanya dengan kantong keluarga kecil kita.

Kemudian dari sekian banyak kantong, tentukan yah kantong mana yang jadi prioritas supaya nabung rame-ramenya mulai dari kantong terpenting dulu baru satu-satu dipenuhi sampai pos terakhir.

Happy banget! Akhirnya aku bisa lebih tenang hati, karena pengelolaan uang keluarga sekarang bisa transparan, aman, tapi tetap fleksibel. Karena semuanya bisa secara langsung cek, termasuk mamah, jadi tanggung jawabnya pun lebih ringan karena berbagi dengan yang lain.

Ringan Atur Keuangan Keluarga (2).png

Di luar urusan keuangan mamah, kami juga bikin Kantong Bersama buat tabungan liburan keluarga yang sudah sekian lama tertunda karena pandemi dan kondisi Papah yang kurang fit. Ada yang senasib juga kah udah lama ga liburan keluarga besar?

Kita bisa loh rencanain liburan dengan lebih mudah, berkat si Kantong Bersama yang ada di Bank Jago. Setelah invite ade kaka, lalu kita bisa set target yang mau dicapai sekaligus liat progress dana yang terkumpul.

Semuanya jadi lebih semangat buat ikut nabungnya, malah ada juga yang pake autosave tiap bulan supaya ga kelupaan. Cerdik!

Makin diulik, Kantong Jago tuh makin kerasa serunya. Aku dan suami pun berencana pakai fitur Kantong Bersama di keluarga besar suami. Nanti tinggal dibikin aja kantong khusus buat berbagai tujuan keuangan berbeda, misalnya liburan bareng, umroh bareng, upgrade mobil orang tua, dan lainnya. Tutorial bikin Kantong Bersama bisa dilihat di sini yah!

Setelah benang kusut atur uang keluarga mulai terurai, aku juga pake kantong untuk atur uang rumah tangga, termasuk nabung buat dana darurat keluarga, dan persiapan dana pensiun lewat reksana Bibit yang langsung bisa auto debet di aplikasi Jago. Untuk memaksimalkan investasi reksadana di Bibit, Ibu bisa lihat disini ya 3 Tips Memaksimalkan Investasi Reksa Dana di Bibit.

Penting nih supaya kita memutus lingkaran sandwich generation, kan enak nanti pas #jompoglamor bisa tetep beraktivitas melanglang buana tanpa ketergantungan secara finansial sama orang lain. Jangan lupa share juga ke ade kaka, teman-teman kamu yang sandwich generation, biar semua makin jago kelola keuangan tanpa stress.

Pengen juga ngurangin beban atur keuangan? Yuk, unduh aplikasi Jago Bu, soalnya banyak banget loh keuntungan yang bisa ibu dapatkan dengan membuka akun Jago. Penasaran keuntungannya apa aja? Ibu bisa klik disini.

Diminta atur keuangan orang tua dan keluarga besar? Siapa takut!

Aplikasi Jago bisa diunduh disini yah!

Ringan Atur Keuangan Keluarga (3).png


Share:

Artikel Terkait

Jago Keluarga - Nov. 25, 2021

Tips Jago Supaya Ibu Gak Over Budget

Baca selengkapnya >
Jago Keluarga - Jan. 24, 2022

Yuk Buat Resolusi Keuangan Bareng Suami, Intip 4 Tipsnya Bu!

Baca selengkapnya >
Cek Artikel Serupa

Comments

Add a Comment




Berlangganan

Jangan kelewatan artikel dan berita terbaru agar #Ibumakinjago ngatur cuan, jalanin bisnis, dan ngurus keluarga.

© 2021. Persembahan Ibu Punya Mimpi dan Bank Jago