Estimasi Waktu membaca: 6 menit

Apa yang terbayang kalau dengar kata “self care” bu?

Pergi ke salon, spa, menikmati waktu me time dengan melakukan perawatan yah bu. Konsumsi makanan bernutrisi, berolahraga, meluangkan waktu buat baca dan relax pun bisa dibilang merawat diri, supaya tetap sehat fisik dan mental.

Kalo makan bakso cilok pedes nan gurih sih lebih ke self reward ya bu, enak dimakan pas lagi penat.

Setelah menjadi Ibu, makna “sibuk” dalam hidupku pun berubah.

Sebelumnya, hariku juga penuh dengan agenda padat merayap tapi lebih terencana. Nah, kalau sibuk setelah jadi Ibu itu chaos, messy, serabutan, sporadis, dadakan, penuh kejutan. Gimana bisa menyelipkan agenda santai di tengah kerusuhan harian?

Bisa Merawat Diri Itu Hak Ibu

Buibu pasti ngerti deh susahnya buat olahraga. Idealnya memang punya jadwal rutin yang sama biar terbangun kebiasaannya, walau sudah disiapkan slot waktu. Eh, taunya suka ada kejutan yang menggagalkan rencana. Beberapa kali juga ku lihat asiknya teman menikmati jalan pagi, tapi kalo aku pergi jalan pagi, siapa dong yang jaga si kecil? Bikinin sarapan?

“Ah alasan aja, kalau niat sih pasti bisa kok”

Setuju! Banyak Ibu kok yang sukses berolahraga rutin, keren! Paragraf di atas kutulis buat kasih gambaran kalau untuk berolahraga aja seorang Ibu (dibanding peran lain) perlu usaha lebih supaya terlaksana, jarang yang bisa “Just do it”.

Apalagi buat Ibu yang masih merawat bayi, agenda ke spa gak lebih menggoda dibanding bisa tidur lelap tanpa gangguan.

Bahkan me time sambil syahdu nonton drakor kalau terlaksana pun cuma bisa sejenak mengurangi rasa burn out, yang kerasa lagi pas kembali ke dunia nyata.

Yuk ah, di 2022 ini aku juga bikin resolusi self care dong, biar hidup lebih tertata dan bahagia bisa ngerjain yang ku suka. Misalnya: “Pengen kualitas tidur lebih baik” karena sehari-hari susah buat tidur 8 jam, ya minimal kalo 5 jam tidur tapi optimal kan yahud yah.

“Pengen badan lebih fit, ngurangin back pain yang suka kerasa.” 

“Punya waktu lebih banyak buat ngerjain bisnis dan upgrade skill.”

“Pengen kulit muka lebih terawat, bebas jerawat.”

Coba deh Bu kasih daftar ini ke suami, mereka kemungkinan bakal bilang “Ya udah just do it, tinggal tidur lebih cepat, olahraga, bangun lebih pagi, rajin cuci muka.

Dipikir-pikir bener juga sih. Memang dunia lebih sederhana buat para suami yah, atau kita yang jadi istri lebih ribet sih bu?

Mungkin survey menarik ini bisa jadi jawaban, kenapa sih ibu lebih susah self care dibanding ayah?

Karena memang Ibu punya me time yang lebih sedikit dibanding ayah. Gak kaget yah dengernya. Bahkan temuan lain di studi ini; Bagi para Ibu, waktu me time yang sangat terbatas jadi semakin sedikit lagi ketika pandemi, berkurang hingga sepertiganya. Wah, ini aku banget sih tugas negara bertambah dengan jadi guru anak sehari-hari karena belajar online.

Jadi, waktu adalah alat tukar yang paling berharga buat mencapai hidup yang berkualitas.

Dari sini, strateginya bisa tiga; 1. Menambah alokasi waktu untuk diri, 2. Memanfaatkan me time yang ada biar lebih maksimal, atau 3. Lakukan keduanya. Aku sih pilih nomor tiga dong!

Buat mencapainya, seperti seorang Dora, aku pun sangat terbantu dengan bikin peta. Ini hasilku mapping, kalau kamu rencananya gimana bu?

visual ibu Feby 1

Bala Bantuan Juga Butuh Cuan

Cuan maksudnya duit yah bu. Wah, ngemodal dulu nih buat buka jalan menambah manisnya kehidupan.

Dari mapping di atas, lalu ku susun action plan dan anggarannya seperti ini:

visual ibu Feby 2

Wow lumayan juga nih budgeting self care Ibu versi ku. Jangan terintimidasi dengan angkanya yah bu, pelan tapi pastipun gak apa-apa yang penting sekarang kita udah jelas strateginya nih, diskusiin juga sama pasangan ya Bu. Mungkin dengan mempercayakan beberapa tugas rumah ke suami, kebutuhan bantuan lain jadi bisa ditunda. Semuanya sesuai kesepakatan bersama sebagai tim.

Nah, kalo udah ketok palu anggaran di atas, mari kita mulai aksi nyata! Saat yang tepat buat nambah Kantong di aplikasi Jago nih.

visual ibu Feby 3

Jangan lupa invite suami biar jadi Kantong Bersama, biar semua jadi jago buat mencapai tujuan keuangan bersama!

(Baca juga: Tertarik Membuat Rekening Bersama Pasangan? Diskusikan Dulu 4 Hal Ini)

Karena gadget buat masak sudah cukup lengkap, target berikutnya adalah Vacuum Cleaner Dyson yang harapannya bikin tugas bersih rumah lebih cepat dan bersihnya tahan lama. Disini aku set targetnya, dan biar gak lupa nambah tabungan, ya pake fitur auto-save dong jadi aman per bulan otomatis top up. Cara untuk memasang target dan autosave bisa klik disini yah bu!

Tips ku: Set auto-save nya deketan sama jadwal gajian biar nanti saldo kita udah bersih setelah tabungan aman.

Seperti yang kulakukan buat Kantong Saving lainnya, biar disiplin menabung dan investasi. Nah, kalau buat pengeluaran tambahan yang bakal jadi rutin, yang paling pas adalah buat Kantong Spending, barisan para Kantong ini jadi kunci suksesku buat atur uang rumah tangga, atau atur uang bisnis loh Bu.

Kembali ke table di atas, ada beberapa Kantong baru yang dibuka tapi gak aku jadiin Kantong Bersama karena termasuk dalam pengeluaran rutin bulanan, seperti; Kursus Online Anak, gaji Tim Bisnis, gaji Asisten Rumah Tangga (ART).

(Baca juga: Sudah Kenal Semua Jenis Kantong Jago?)

Delegasi tugas ke orang lain memang artinya menambah pengeluaran, tapi sebenarnya ini investasi loh bu.

Value dari tiga jam itu akan beda antara Ibu dan ART. Mungkin dengan delegasiin tugas beberes rumah selama tiga jam, Ibu bisa menambah skill baru, prospek baru buat keuntungan yang lebih besar dikemudian hari.

Buatku ART adalah enabler, enable me to do more. Kalau aku tetap ngerjain semuanya sendiri, mungkin satu tahun kemudian ya makin jago masak sih, makin jago beberes rumah, tapi buat aku itu bukan jadi prioritas. 

Lebih baik aku delegasikan, gunakan waktunya buat menghasilkan sesuatu yang lebih penting buatku, misalnya bangun bisnis, menambah kuota buat project freelance, belajar, ikut sertifikasi, coba bayangin peningkatan kapasitas diri yang bisa kita miliki selama setahun itu?

Plus! Buka lapangan pekerjaan kan bund, ada doa mereka juga yang rezekinya lewat tangan kita. Jadilah sekarang aku dibantu oleh ART yang dateng seminggu tiga kali, atau bisa lebih tergantung kebutuhan.

Setelah Self Care Terbitlah Self Reward

Gimana bu, makin optimis gak nih bertumbuh di 2022?

Aku sih Yess dong! Jadi makin semangat membiasakan pola harian yang ramah buat diri, tapi tetap nyaman buat anak dan suami.

Menginisasi perubahan itu memang harus dari kita, seorang Ibu yang paling butuh melindungi waktu dan mimpinya, tapi hasilnya buat kemenangan bersama.

Ketika kita lebih happy, justru lebih baik buat keluarga, percaya deh kalo Ibupreneur tuh punya niat baik buat makin berdaya dan terus berkarya. Menjadi ambisius itu gak egois.

Kalau ternyata dengan lebih banyaknya waktu buat berkarya akhirnya berkontribusi baik buat keluarga, ya lewat tambahan penghasilan, vibe positif ibu, pengetahuan Ibu yang lebih baik tentang parenting, wawasan Ibu yang lebih luas jadi banyak topik yang bisa diobrolin sama suami, dan banyak lainnya, why not?

Resolusi self care sudah ku mulai dari tahun lalu, dan hasilnya? Merevolusi kehidupanku. Wow, hasilnya sih aku relate banget dengan curva ini nih. Hal yang juga diamini oleh suami. 

visual ibu Feby 4

Perjalanannya gak mudah, ibarat dorong mobil mogok kan, tapi begitu rodanya mulai berputar lagi jadi lebih ringan.

Nah, makanya penting buat eksekusi strategi kita ke langkah nyata, merayakan setiap progress kecil, apalagi buat Ibu yang bertransisi dari full domestik ke karir (walau freelance yah) lalu punya penghasilan sendiri.

Seneng gitu liat saldo di rekening, tapi jangan lupa buka Kantong khusus buat Self Reward ya Bu, hadiah buat diri sendiri yang terus berjuang buat mencapai mimpi-mimpi kita di tengah kerusuhan sebagai seorang Ibu. You deserve it! Asalkan gak bobol dana tabungan lain *wink.

Yuk Bu, segera tulis resolusi mu juga yah, kita kejar mimpi bareng nih. Jangan lupa buka Kantong-Kantong pendukung dari aplikasi Jago, biar Ibu Makin Jago kawal progress merawat diri, makin bahagia lahir, batin, dan rekening.

Yuk,download aplikasi Jago sekarang!

visual ibu Feby 5


Share:

Artikel Terkait

Jago Personal - July 30, 2022

Ibu Mau Comeback Berkarir? Ikuti 8 Tips Jago Ala Dea Aurora

Baca selengkapnya >
Jago Personal - July 12, 2022

Kunci Kebahagiaan Ibu: Fokus Pada Apa Yang Ibu Butuhkan

Baca selengkapnya >
Cek Artikel Serupa

Comments

Add a Comment




Berlangganan

Jangan kelewatan artikel dan berita terbaru agar #Ibumakinjago ngatur cuan, jalanin bisnis, dan ngurus keluarga.

© 2021. Persembahan Ibu Punya Mimpi dan Bank Jago