Kegalauan para Ibu: Glowing or Spending?

Bu, suka pusing gak sih bagi-bagi anggaran uang rumah tangga? Untuk masak, sekolah anak, jajan, belanja, dan lain-lainnya? Ditambah semakin bertambahnya umur, rasa-rasanya akan ada satu budget tambahan yaitu : skincare! Karena kita pasti gak pengen kan cuma lantai rumah aja yang kinclong karena sering dipel, tapi pasti pengen muka juga glowing biar lebih enak dilihat dirasa dong.

ARTIKEL JAGO-MEME BU NADIA (2).jpg

Tapi pasti galau ya Bu, karena kayaknya skincare masuk ke prioritas kesekian gitu. Walau udah dimasukin ke keranjang online, tapi yang di check-out duluan malah mainan anak lah, buku anak lah, dan lain-lain. Hayo siapa yang kayak gini?

Di artikel ini, Bu Mina mau berbagi sedikit tips supaya kebutuhan sehari-hari dan anak terpenuhi, tapi para ibu juga bisa jajan skincare. Lanjutin terus bacanya sampai selesai ya, Bu!

Budget skincare masuk pos mana yah?

Tentu ini akan berbeda tergantung kebutuhan tiap keluarga ya, Bu. Dikutip dari kumparan, menurut Ligwina Hananto, seorang Financial Trainer, budget skincare seperti drugstore tidak masalah jika dimasukkan ke pengeluaran rutin bulanan. Tetapi jika ada skincare khusus yang memiliki khasiat lebih dan butuh biaya lebih, maka dibutuhkan budget khusus untuk skincare tersebut misalnya budget per tiga bulan. Boleh dianggarin di pos perawatan kesehatan, ataupun self-reward buat treatment skincare khusus.

Tau gak bu? Selama masa pandemi, penjualan skincare melonjak melebihi kosmetik. Hayo ngacung, siapa nih buibu yang jadi lebih sadar kulit pas di rumah aja?

Kebangkitan skincare lokal juga makin menunjang, seru deh sekarang banyak bermunculan merek perawatan kulit baru dari dalam negeri, sebut saja Somethinc, Scarlet, Indoganic, apa lagi nih bu? Harganya pun beragam, jadi makin banyak pilihan yang terjangkau buat kita.

Kalau bingung milih merek mana sih, cari review dan testimoninya di marketplace. Nah, kalau bingung ngatur jatah beli skincare, ini dia tips #ibumakinjago untuk ngebuat anggaran self-care:

  1. Buat daftar prioritas skincare

Hah? Daftar prioritas? Kayak gimana tuh?

Tenang Bu, ini Bu Mina jelaskan sedikit ya supaya lebih mudah dipahami. Di beberapa tahun ini banyak macem-macem cara menggunakan skincare ya, Bu. Ada yang banyak banget sampai 10 steps ada juga yang lebih sedikit dari itu. Semuanya tergantung kebutuhan dan tentu saja budget skincare nya ya, Bu.

ARTIKEL JAGO-MEME BU NADIA.png

Nah dari beberapa skincare step yang Ibu lakukan, pasti ada beberapa skincare yang bersifat wajib banget dan harus dilakukan setiap hari karena kalau gak, wajah Ibu jadi bermasalah. Dan ada juga yang bersifat tambahan atau pelengkap, biasanya skincare ini bisa di-skip dulu dan gak terlalu berpengaruh banyak pada kondisi muka. Nah dari daftar prioritas itu bisa dilihat manakah yang harus buru-buru dibeli kalau udah abis dan mana yang bisa di-pending dulu pembeliannya sambil ngumpulin anggaran dulu untuk beli skincare tersebut.

  1. Jeli cari diskonan atau promo bundling

Dengan banyaknya pilihan e-commerce dalam berapa tahun belakangan ini, kita jadi punya banyak pilihan dan kesempatan untuk mendapatkan diskonan. Kalau e-commerce yang satu gak kasih diskon, coba cek di e-commerce lainnya apakah ada diskon atau gak. Atau belanja di saat hari-hari besar atau hari belanja online nasional. Biasanya suka ada diskon yang lumayan loh, Bu! Tanggal kembar, jangan sampe lolos.

Cara lain lagi bisa dengan beli bersamaan dengan teman. Terkadang cara merek mempromosikan produknya adalah dengan promosi beli banyak maka akan diberikan pengurangan harga yang lumayan. Pas banget kan kalau gitu, skincare tetep dapet, harganya bisa lebih murah dari biasanya, plus bisa komunikasi lagi sama teman! Ini mah namanya sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui ya, Bu.

  1. Lakukan riset khusus tentang skincare yang cocok dengan kondisi kulit Ibu

Mungkin Ibu ada yang mikir, apa hubungannya kita cari rekomendasi skincare dengan anggaran uang rumah tangga? Wah, ada banget loh Bu!

Biasanya dengan kita nontonin video-video dari para influencer atau dari brand-nya sendiri, kita jadi tergiur dengan produk tersebut. Padahal belum tentu juga sesuai dengan kondisi kulit kita. Nah, supaya kita bisa beli skincare yang tepat sasaran, yuk tonton video dari influencers atau review produk yang kondisinya sesuai dengan jenis kulit kita.

ARTIKEL-INFOGRAFIS BU NADIA.png

Tips lainnya, banyak-banyak cari tau tentang kandungan yang bagus untuk goal kulit Ibu saat ini. Apakah membutuhkan produk yang mencerahkan kulit? Menghilangkan flek hitam? Menghilangkan bekas jerawat? Kan gak semua harus kita gunakan ya, Bu. Sesuaikan aja sama kondisi masing-masing.

Dengan banyak baca, Ibu jadi semakin mengenal produk apa yang cocok dengan Ibu. Supaya gak juga! Jangan sampai udah beli mahal-mahal malah buat kulit Ibu iritasi dan jadi nambah biaya ke dokter kulit. Jadi, yuk mulai pilih-pilih info dan cari influencer yang cocok dengan kondisi kulit Ibu!

  1. Pertimbangkan opsi share in jar

Ibuu pada tau gak sih kalau sekarang tuh para penjual ada yang jual skincare versi dibagi-bagi ke dalam botol-botol kecil atau share in jar? Misal nih, skincare yang kita inginkan hanya punya kemasan besar sedangkan kita belum tau apakah akan cocok dengan skincare itu atau gak. Nah para penjual itu biasanya akan membagi-bagi skincare tersebut ke dalam botol-botol yang berukuran kecil, sekitar 5ml. Jadi kalau pun misalnya gak cocok, kita gak terlalu banyak membuang uang. Karena yang kita beli hanyalah botol kecil yang gak terlalu nguras dompet.

Ada sedikit tips bagi para Ibu yang udah terlanjur beli skincare yang ternyata gak cocok dengan kulit Ibu. Yaitu dengan preloved! Sekarang udah banyak banget kan produk-produk preloved yang dijual di sosial media dan bisa dibeli dengan harga yang tentu lebih murah.

Tapi pastikan penjualnya terpercaya yah dan masa expired-nya masih lama. Hati-hati juga karena sekarang semakin banyak pemalsuan kosmetik apalagi merek terkenal, jadi penting untuk tahu dimana barang preloved nya itu dibeli.

Jangan lupa, setelah isinya habis, tempat skincare-nya bisa dikirim ke waste4change. Jadi nanti Ibu bersihkan dulu wadah skincare-nya, dikeringkan, baru bisa dikirimkan ke mereka agar bisa didaur ulang dengan baik.

Gimana Bu? Udah kepikiran tahun 2022 bakal beli produk skincare apa? Biar pengeluarannya terkontrol alias gak ganggu pos pengeluaran lagi, Ibu bisa langsung buat Pocket khusus skincare lewat aplikasi Bank Jago. Bisa sampai 20 pocket loh! Semoga setelah ini Ibu makin jago budgeting untuk self-care ya, semangat, Bu!

Rencanain yuk pembelian skincare Ibu dari sekarang, dimulai dari download aplikasiBank jago!


Share:

Artikel Terkait

Jago Keluarga - May 20, 2022

Bukan Mission Impossible, Lakukan Tips Ini untuk Menabung Dana Haji

Baca selengkapnya >
Jago Personal - Jan. 31, 2022

Sering Kewalahan Bayar Tagihan yang Bejibun? Cek ini yuk, Bu!

Baca selengkapnya >
Cek Artikel Serupa

Comments

Add a Comment




Berlangganan

Jangan kelewatan artikel dan berita terbaru agar #Ibumakinjago ngatur cuan, jalanin bisnis, dan ngurus keluarga.

© 2021. Persembahan Ibu Punya Mimpi dan Bank Jago