5 Aktivitas Outdoor bersama Anak dengan Budget Hemat!

Dimasa new normal ini, banyak para orang tua yang gak sabar kembali mengajak buah hati untuk berkegiatan di luar rumah. Setuju dong kalau anak usia dini perlu diberikan ragam pengalaman untuk menunjang tumbuh kembangnya. Jalan-jalan, berpetualang, bermain bersama teman, mengunjungi rumah kakek-nenek dan lain-lain. Eits, tapi jangan lupa untuk tetap jago atur budget keuangan keluarga ya buibu! Supaya anak happy, keuangan keluarga pun gak bocor!"

Saat melihat aneka tempat hiburan di sosmed yang fancy nan pricey

meme artikel bu Sarah (aktivitas outdoor).jpg

Nah berikut ada beberapa saran kegiatan yang bisa ibu-ibu coba lakukan bersama si kecil dengan budget terjangkau.

  1. Mengunjungi perpustakaan umum

Beberapa waktu lalu Bu Mina pertama kalinya mengunjungi perpustakaan umum bersama si kecil. Dengan hanya bermodal ongkos dari rumah ke perpustakaan, kita bisa menikmati ragam fasilitas perpustakaan umum tanpa batas waktu dan biaya. Alias gratis sampai jam buka berakhir.

Mengunjungi perpustakaan adalah salah satu list yang ingin Bu Mina lakukan bersama si kecil untuk menumbuhkan kecintaannya terhadap buku dan ilmu pengetahuan. Walaupun saat ini usianya baru menginjak 4 tahun dan belum bisa membaca, perpustakaan tetap menjadi salah satu pilihan kegiatan yang asyik dan murah meriah lho..

Di Perpustakaan kami asyik memilih buku bacaan. Dari tema mengenai pembentukan karakter, pengetahuan umum, buku tentang budaya, buku sains dan lain-lain. Dari buku lokal hingga buku impor. Si kecil yang memang gemar dibacakan buku sejak dini, sangat senang dan ketagihan ketika Bu Mina ke perpustakaan umum. Selama beberapa jam Di perpustakaan, kami tidak hanya membaca buku. Di sana juga ada banyak boneka yang kami gunakan untuk bermain bersama.

Mengunjungi perpustakaan juga menjadi ajang latihan untuk si kecil belajar bertanggung jawab. Merapikan buku yang sudah dibaca, meletakkan boneka di tempatnya dan merapikan kursi yang telah dipakai. Di area membaca, pengunjung gak diperbolehkan membawa tas, makanan dan minuman. Jadi barang-barang pribadi diletakkan dalam loker yang sudah disediakan. Jika ingin makan dan minum gak boleh di area baca, lho. Ada tempat di luar area baca untuk pengunjung makan dan minum.

Perpustakaan yang kami kunjungi beberapa waktu lalu adalah perpustakaan umum Jakarta selatan. Tempatnya bersih, luas, stafnya ramah sekali, tempat untuk ibadahnya juga memadai dan protokol kesehatannya cukup ketat. Jadi jangan khawatir ya buibu!

2. Taman kota

Anak lepas dari gadget, tidur teratur, makannya lahap. Impian siapakah itu?? Ya, impian kita semua ya, Bu Ibu! Setelah sekian lama anak lebih banyak menghabiskan waktu dirumah, sekarang kita bisa memberikan aktivitas fisik kepada anak. Aktivitas fisik ini bermanfaat untuk menstimulasi kemampuan motorik kasar anak. Contoh: berjalan, berlari, melompat, bermain sepeda, bergelantungan, memanjat, merangkak dan lain-lain.

Taman kota bisa kita manfaatkan untuk memberikan anak kegiatan aktivitas fisik tanpa mengeluarkan budget mahal. Setiap taman kota, mungkin berbeda fasilitasnya. Buibu bisa pilih yang gak terlalu jauh dari rumah dan sesuai dengan kebutuhan si kecil. Kebetulan bermain di taman adalah salah satu favorit Bu Mina dengan si kecil. Di Taman kota bisa bermain perosotan, ayunan dan mainan lain yang tersedia. Sekedar jalan di rumput atau berjemur untuk mendapatkan manfaat sinar matahari juga seru kok!

Bu Mina pun senang mengajak si kecil untuk berdiskusi ringan tentang hal yang ia lihat. Misalnya berdiskusi tentang kupu-kupu yang terbang, pohon yang tumbuh, daun kering yang

jatuh, bunga yang bermekaran, kucing yang lewat atau berdiskusi mengenai pengunjung lain yang ada disana. Bu Mina percaya, memberikan aktivitas fisik ditaman dan mengobrol ringan bersama anak dengan penuh perhatian adalah salah satu kunci stimulasi murah meriah dengan efek yang luar biasa.

Kita juga bisa membawa bekal simpel dari rumah. Seperti nasi goreng, roti, biskuit, buah dan susu. Jadi piknik-piknik cantik deh hihi. Super hemat dan menyenangkan! Uang belanja jadi aman, masih bisa tetap nabung untuk masa depan

3. Playdate

Duh, siapa nih yang anaknya masih suka malu kalau bertemu dengan orang baru? Wajar ya Bu Ibu, gak apa-apa jika anak masih perlu waktu untuk nyaman bergaul dengan orang lain. Apalagi di masa pandemi yang sangat terbatas untuk bermain dengan teman-teman sebaya. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, gak ada salahnya jika Ibu mencoba mengajak anak bermain dengan teman atau biasa disebut playdate.

Mengunjungi rumah teman atau janjian di suatu tempat untuk bermain bersama bisa jadi alternatif kegiatan yang mengasah kemampuan sosial anak. Anak belajar bahwa individu gak hanya keluarga inti yang tinggal di rumahnya saja. Tapi juga ada teman-teman dan orang lain. Biaya yang dikeluarkan juga gak terlalu besar dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.


Buibu tentu sudah jago dong ya atur-atur keuangan bulanan. ketika anak bermain bersama temannya, Ibunya juga bisa ngobrol deh dengan sesama ibu hehe. Anak happy, ibunya juga happy yeayy!

Tips dari Bu Mina, jika anak terlihat masih malu dan butuh waktu adaptasi jangan dipaksa ya untuk bermain dengan temannya.

Take your time! Gak semua anak bisa langsung mau bermain dengan temannya. Yang penting enjoy ya buibu. Sebelum playdate jangan lupa pastikan ibu, anak ataupun ayah dalam keadaan sehat yaa!

4. Wisata ke museum

Saat ini sebagian besar museum sudah bisa dikunjungi kembali. Tentu dengan aturan baru dan protokol kesehatan yang ketat. Museum bisa menjadi salah satu alternatif tempat belajar dan menambah pengalaman anak. Tentu kita bisa pilih museum yang menarik sesuai dengan kesukaan si kecil.

Museum memang salah satu tempat belajar murah meriah. Anak jaman now harus tetap happy nih belajar ke museum dan melestarikan museum! Budget yang dikeluarkan untuk mengunjungi museum sekitar 3000-40000 saja loh. Cukup terjangkau untuk menambah aktivitas si kecil. Buibu bisa agendakan wisata ke museum di akhir pekan.

Infografis artikel bu Sarah.png

5. Bantu ibu mencuci sepatu dan sepeda.

Rasanya gak ada anak yang gak suka bermain air. Sekali bermain, oh no! Sulit sekali berhenti. Tapi mengajak si kecil mencuci sepatu atau sepeda dan diakhiri bermain air menjadi salah satu kegiatan favorit kami. Anak jadi belajar bertanggung jawab atas benda miliknya dan anak juga belajar memaksimalkan kemampuan motoriknya (menyikat sepatu, membilas). Aktivitas ini bisa kita lakukan di halaman belakang atau depan ruang yang tentu minim budget dong. Bisa bersama ibu ataupun bersama ayah diakhiri pekan. Wah seru!

Stimulasi untuk perkembangannya dapet dan fisik anak jadi terlatih. Budget aman sekaligus Ibu, Ayah dan anak pun happy!

Bu Mina suka sekali kegiatan penuh manfaat tapi bikin kantong buibu aman hehe. Karena bagi Bu Mina kegiatan yang mendukung Optimalisasi masa kecil anak gak selalu dengan biaya yang besar. Optimalisasi tumbuh kembang anak bisa dengan aktivitas bermanfaat dengan budget minim. Yang terpenting bagaimana orang tua memaksimalkan usia dini ini untuk hal yang bermanfaat untuk kedepannya.

Ibu jago saat melihat rekening tabungan aman namun anak pun terpenuhi kebutuhannya

meme artikel bu Sarah (aktivitas outdoor2).jpg

Selamat mencoba 5 aktivitas seru di atas!

Ibu pengen tau cara analisis pengeluaran Ibu? Cuss Bu langsung klik!

Ibu juga bisa makin jago atur pengeluaran main anak lewat pocket Bank Jago


Share:

Artikel Terkait

Jago Keluarga - June 29, 2022

Budget Terbatas Tapi Ingin Travelling? Coba Tips Seru Ala Ibu Tamira, Yuk!

Baca selengkapnya >
Jago Keluarga - Dec. 24, 2021

Yuk, Jago Rinci Kebutuhan Anak 0-6 Tahun Biar Ga Kalap!

Baca selengkapnya >
Cek Artikel Serupa

Comments

Add a Comment




Berlangganan

Jangan kelewatan artikel dan berita terbaru agar #Ibumakinjago ngatur cuan, jalanin bisnis, dan ngurus keluarga.

© 2021. Persembahan Ibu Punya Mimpi dan Bank Jago