Budget Terbatas Tapi Ingin Travelling? Coba Tips Seru Ala Ibu Tamira, Yuk!

Estimasi membaca: 5 menit

Ibu, momen yang selama ini kita tunggu akhirnya tiba juga nih! Apalagi kalau bukan liburan sekolah, yeay..!

Liburan sekolah kali terasa istimewa. Bagaimana tidak, sebelumnya kita telah melewati masa adaptasi selama pandemi sampai harus bawa kerjaan ke rumah, membagi waktu untuk membersamai krucil sekolah daring, sampai harus membenahi gaya hidup. 

Nah, tidak berlebihan rasanya kalau kita ingin mempersiapkan libur sekolah yang sudah di depan mata ini dengan lebih matang. Bicara soal liburan berkesan dan bermanfaat, jadi penasaran, seberapa dalam ya kita harus merogoh kocek?

Hmm… kita ngobrol seputar liburan dengan Bu Tamira, yuk! Beliau adalah content creator di bidang travelling dan juga bagian dari komunitas Ibu Berwisata. Dijamin, kita jadi dapat ide nih untuk berlibur seru bersama keluarga. Ssst… ternyata gak mesti mahal juga lho, malah bisa jadi potensi menghasilkan uang.

Wah, gimana caranya? Yuk, simak ceritanya di bawah ini!

Apa Sih Manfaat Travelling untuk Kita? 

Bukan sekedar jalan-jalan atau senang-senang, ternyata travelling membawa dampak baik untuk kita, lho! Apa saja manfaat yang bisa kita dapat? 

  • Meningkatkan kondisi fisik dan mental

Kenapa ya, kalau habis liburan hati rasanya berseri-seri? Ternyata efek bahagia ini disebabkan oleh manfaat berlibur yang bisa mengurangi stress. Bahkan beberapa penelitian ilmiah sudah membuktikan jika orang yang rutin melakukan travelling cenderung lebih sehat daripada yang tidak.

Efek pereda stress ini datang dari suasana baru, suara-suara alam seperti gemericik air, udara segar, dan hamparan hijau pepohonan. Jika pikiran bebas tekanan, tubuh pun akan terasa lebih bugar, kan Bu? Tidak heran kalau liburan terasa seperti suntikan energi baru untuk menghadapi hari-hari ke depan. 

  • Mempererat hubungan keluarga

Menghabiskan waktu liburan dengan keluarga pasti seru, ya. Mulai dari menentukan tujuan, merencanakan kegiatan, sampai menikmati kebersamaan di tempat baru. Ternyata keseruan bersama ini bisa mempererat hubungan Ibu dan keluarga, lho. Komunikasi juga akan terjalin dengan baik karena adanya waktu berkualitas selama travelling. 

  • Menambah wawasan dan pengalaman

Sayang rasanya kalau kita tidak coba mengenali kehidupan masyarakat di sekitar tempat wisata. Jalan santai sore-sore sambil mengamati kebiasaan penduduk lokal asyik juga ya, Bu. Atau, bisa juga dengan menikmati kuliner setempat sembari chit-chat dengan yang empunya tempat. 

Kegiatan berbaur ini akan membuat travelling jadi lebih memorable. Liburan jadi lebih dari sekedar jalan-jalan.

  • Memunculkan sifat kreatif

Pengalaman menyenangkan selama travelling juga bisa bikin pikiran lebih jernih. Tidak heran, inspirasi biasanya bermunculan sepulang liburan. Situasi ini bagus banget dimanfaatkan untuk menjalani to-do list yang menanti. 

Tidak hanya itu, ide kreatif bisa juga disalurkan dengan menyimpan memori liburan ke dalam bentuk konten menarik. Siapa tahu bisa jadi jalan untuk penghasilan tambahan.

  • Menumbuhkan sifat toleran

Mengunjungi tempat dengan budaya berbeda akan membuat kita lebih terbuka terhadap keberagaman. Kita jadi bisa beradaptasi dengan lebih baik saat memasuki lingkungan baru. Manfaat ini berlaku juga untuk menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi Ibu di rumah atau lingkungan kerja, misalnya. 

Nah, setelah mengetahui manfaatnya, sekarang kita coba rencanakan liburan dengan lebih matang, yuk!

Ibu tamira bersama teman-teman sedan berwisata

Travelling dengan Budget Terbatas, Bisa Kah?

Seperti apa sih liburan yang seru dan bermanfaat itu? Apakah mungkin kita bisa mewujudkannya dengan budget terbatas? Ibu Tamira punya beberapa tips, nih. Catat yuk Bu, untuk referensi liburan kali ini.

  • Staycation seru

Salah satu cara untuk menyiasati budget liburan yang terbatas adalah staycation. Tapiii… ingat ya Bu, pilih tempat yang menyediakan fasilitas lengkap, terutama untuk anak-anak. Hotel yang menyediakan aktivitas outdoor seru biasanya jadi favorit keluarga. Jika sulit menemukan tempat dengan arena terbuka yang memadai, kita bisa pilih penginapan yang dilengkapi kolam renang dan playground supaya anak-anak tidak bosan selama staycation.

  • Eksplorasi lingkungan terdekat

Punya anggaran minim saat butuh udara segar? Jangan khawatir, Bu. Kita bisa eksplorasi tempat wisata di lingkungan terdekat, misalnya kebun binatang. Tempat ini masih jadi tujuan populer saat libur sekolah. Selain itu, cari udara sejuk di taman kota bisa banget jadi pilihan. Jangan lupa bawa buku dan camilan favorit. Sedang malas panas-panasan? Ajak saja anak-anak menjajal playground baru di mall sepuasnya. Libur sekolah di dalam kota dengan anggaran minim bisa tetap seru, bukan?

  • Jangan mendadak!

Katanya, rencana yang spontan alias dadakan lebih mungkin terwujud daripada yang disiapkan dengan matang. Hmm… khusus untuk liburan dengan budget terbatas, cara dadakan ini malah sebaiknya dihindari, lho. Masa liburan sekolah adalah peak season di mana harga penginapan dan atraksi wisata naik cukup signifikan. Jadi sulit berhemat, dong?

meme ketika sekeluarga butuh liburan tapi budget pas-pasan

Sebaliknya, kalau sudah diagendakan, kita jadi punya cukup waktu untuk berburu potongan harga di aplikasi perjalanan. Dari sharing pengalaman ibu-ibu sih, sebaiknya cek berbagai aplikasi travel secara berkala karena mereka mengadakan promo potongan harga rutin dalam 2 atau 3 bulan. 

Menyediakan Anggaran untuk Berlibur: Lebih Baik Spontan atau Terencana?

Masih soal dadakan versus terencana nih. Cara mana yang lebih baik dalam mempersiapkan dana untuk berlibur, ya? 

Well, tim dadakan rupanya harus ubah strategi karena menyediakan dana secara terencana terbukti lebih aman untuk tabungan kita. Sebaiknya buat pos tabungan travelling terpisah dari tabungan yang lain. Hal ini berguna agar dana simpanan sehari-hari tidak terganggu biaya berlibur. Alih-alih menyegarkan pikiran, liburan malah bikin jebol tabungan. Jangan sampai ya, Bu.

Supaya rencana travelling terwujud, kita  harus menyisihkan anggaran alias menabung dengan teratur. Masih pakai cara konvensional? Coba beberapa referensi dari bu Tamira ini, yuk!

  • Menabung di reksadana pasar uang

Reksadana pasar uang adalah pilihan yang aman bagi pemula sekali pun. Supaya tabungan lebih terarah, tetapkan dahulu tujuan Ibu menabung dan lama waktu yang diperlukan. Nantinya, layanan akan menghitung besaran tabungan bulanan yang harus disimpan supaya target tercapai sesuai waktu. 

Selain aman, menabung di reksadana pasar uang juga mudah. Tinggal pilih aplikasi tepercaya dan daftar secara online. Aku juga sudah coba, lho.

  • Manfaatkan aplikasi Bank Jago!

Ini cara lain yang benar-benar berbeda dari cara menabung konvensional. Dijamin dana liburan terus bertambah dan aman dari godaan checkout di marketplace. Bank Jago punya fitur Kantong Nabung dan Kantong terkunci yang bikin Ibu makin jago mengatur keuangan untuk travelling.

Ibu bisa simpan dana di Kantong Nabung yang nantinya bisa diberi nama Kantong Travelling supaya lebih semangat. Nah, agar dana aman, fitur ini bisa diubah menjadi Kantong Terkunci. Sesuai namanya, tabungan yang disimpan tidak bisa diambil dalam jangka waktu tertentu. Lamanya penguncian cukup fleksibel dan bisa Ibu atur koq. Baca juga tentang Kantong Nabung dan Kantong Terkunci di sini.

Takut skip nabung buat liburan? Ibu juga bisa nih menggunakan fitur Autosave dimana secara otomatis uang yang Ibu peruntukkan bakal ditransfer ke Kantong Travelling. Ibu tinggal atur aja waktunya, mau harian, mingguan, atau bulanan? Semua bisa dengan aplikasi Jago!

Bank jago juga punya fitur untuk Ibu yang punya rencana liburan secara patungan dengan BFF atau pasangan, namanya Kantong Bersama. Gak perlu lagi repot dengan foto bukti transfer dan dana pribadi yang tercampur. Kemajuan tabungan juga bisa dipantau bersama, termasuk pengeluaran dan riwayat transaksi lainnya. Ketahui lebih lanjut di sini, ya.

Menjadikan Perjalanan Liburan jadi Jalan Pemasukan Tambahan?

Setelah tabungan berjalan, sekarang saatnya lirik peluang untuk cari tambahan lewat perjalanan liburan. Bagaimana caranya? 

Tangkap momen-momen berkesan selama berlibur melalui jepretan berkualitas tinggi atau rekaman video. Lengkapi dengan cerita seru dengan angle yang unik. Ibu bisa mulai membaginya di platform pribadi. 

Supaya peluang monetize makin terbuka lebar, kita bisa berbaur dengan komunitas seperti Ibu Berwisata atau IB. Komunitas ini bukan sekedar wadah untuk berbagi info tentang berbagai tempat menarik. IB juga dipercaya beberapa industri wisata untuk mempromosikan layanannya. 

Kalau Ibu bisa konsisten membuat kreasi konten travelling dengan kualitas yang terus meningkat, peluang dapat berbagai sponsor jadi makin dekat kan Bu?

Sekarang, gak perlu lagi drama gagal berlibur karena salah atur dana ya, karena ibu makin jago mengatur keuangan untuk travelling. Apalagi ada aplikasi Jago yang bikin atur dana ini itu makin mudah tanpa ribet. Segera download aplikasi Jago disini yuk dan rasakan kemudahannya!

reference liburan dengan budget terbatas ala ibu tamira


Share:

Artikel Terkait

Jago Keluarga - May 13, 2022

3 Pelajaran Penting Mengatur Uang di Bulan Ramadhan Menurut Ibu Ranintia

Baca selengkapnya >
Jago Keluarga - Dec. 20, 2022

Cara Jago Nyiapin Dana Pendidikan Anak

Baca selengkapnya >
Cek Artikel Serupa

Comments

Add a Comment




Berlangganan

Jangan kelewatan artikel dan berita terbaru agar #Ibumakinjago ngatur cuan, jalanin bisnis, dan ngurus keluarga.

© 2021. Persembahan Ibu Punya Mimpi dan Bank Jago