Yuk, Berdayakan Diri dengan Gabung Bersama Komunitas Ibu Makin Jago

Penulis: Ibu Eni Martini (Ketua Komunitas Connecting Mama dan Member Komunitas Emak-Emak Blogger)


Pernah tidak sih, merasakan apa yang sudah atau sedang Ibu lakukan terasa berhenti di tempat, bahasa gaulnya stuck, atau terasa tidak memiliki peningkatan yang berarti? Entah, sebagai Ibu rumah tangga atau Ibu pekerja.

Padahal Ibu merasa sudah melakukan dengan maksimal, mengerjakan semua pekerjaan rumah dari mengurus rumah, pasangan, hingga anak-anak. Atau bekerja di kantor dengan berbagai upaya agar mencapai target, menyelesaikan tugas dengan maksimal, dan memiliki harapan untuk posisi yang lebih baik.

Kadang perasaan stuck ini dampak dari melakukan pekerjaan yang berulang-berulang dengan ritme yang sama. Namun tidak mendapat apresiasi atau pengakuan, tidak sesuai ekspektasi, dan banyak tuntutan. Ada juga karena pekerjaan itu terasa monoton, tidak jelas, dan kurang menantang, atau sebaliknya karena Ibu merasa sulit berkembang mengikuti perkembangan yang ada.

Berada dalam kondisi seperti ini tentu saja membuat Ibu lama-lama terasa terpenjara dalam lingkungan yang tidak mendukung. Bila dibiarkan, bisa menjebak diri terkena burn out!

Hati-Hati Terjebak Burn Out!

Ibu pasti tidak asing lagi dengan istilah burn out, atau mungkin pernah mendengarnya. Sebenarnya istilah ini bisa menjadi begitu dekat dengan Ibu. Di mana Ibu kemudian merasa lelah secara fisik, mental, dan emosi, kehilangan energi untuk segala hal. Sehingga Ibu enggan melakukan pekerjaan yang biasanya dilakukan.

Meme-Bu-Eny-Ibu-makin-jago-1.png

Kondisi ini akan semakin parah jika Ibu tidak juga menyadari apa yang sedang dialami, yang Ibu tahu hanya merasa tidak berarti, dan sia-sia. Apalagi jika lingkungan rumah dan pekerjaan tidak mendukung, memiliki pasangan yang tidak support, ataupun berkumpul dalam circle atau lingkaran pertemanan yang tidak tepat.

Ibu melihat teman-teman jauh lebih maju, lebih sukses, bisa menjalani passion mereka dengan bahagia. Mungkin apabila dibiarkan terus dalam kondisi ini, puncaknya Ibu bisa menarik diri, berkurang kreativitas, kehilangan motivasi dan meragukan diri sendiri.

Bila hal ini terjadi, ingat, Ibu tidak sendirian!

Meme-Bu-Eny-Ibu-makin-jago.png

Maksimalkan Komunitas untuk Ibu Memberdayakan Diri

Mengapa Ibu tidak sendirian? Karena banyak di luar sana yang mengalami hal seperti Ibu alami. Sebab seiring kemajuan zaman membawa banyak perubahan, Ibu harus siap beradaptasi mengikuti perkembangan agar tidak tertinggal.

Namun jangan khawatir, karena di era digital ini banyak sekali hal yang bisa mendukung Ibu untuk mengembangkan diri. Salah satunya dengan bergabung dalam komunitas yang tepat. Bergabung dalam sebuah komunitas yang positif membuat Ibu bisa mengembangkan diri atau potensi yang dimiliki, dan menjadikan hidup terasa lebih berkualitas lagi.

Bisa jadi ibu merasa stuck karena tidak menyadari potensi yang dimiliki, atau tidak mengasah keterampilan yang ada. Namun di dalam komunitas, Ibu bisa bersosialisasi, membuka diri, menemukan peluang yang positif.

Salah satu komunitas yang bisa Ibu ikuti adalah Komunitas Ibu Makin Jago.

Ibu Makin Jago bisa menjadi bestie Ibu loh. Dimana Ibu bisa menemukan banyak hal baru di sana untuk menambah wawasan dan memahami diri Ibu sendiri.

Meme-Bu-Eny-Ibu-makin-jago (2).png

Manfaat Komunitas

Nah, sebelum mengenal Ibu Makin Jago, bagaimana kalau Ibu mengetahui dulu apa manfaat komunitas? Karena buat Ibu yang belum pernah bergabung dalam sebuah komunitas, mungkin masih ragu untuk bergabung karena belum tahu manfaatnya.

Komunitas ini memang beragam jenisnya, tapi memiliki manfaat yang kurang lebih sama, diantaranya:

  1. Menjadi sarana informasi yang sangat bermanfaat untuk mengembangkan diri, karena dalam komunitas ada banyak informasi-informasi yang bermanfaat untuk semua anggotanya.
  2. Sebagai sarana sosialisasi, relasi, atau networking yang dapat memperkaya cara pandang. Karena dalam komunitas Ibu akan banyak bertemu atau berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki berbagai latar belakang dan pendidikan yang beragam.
  3. Sebagai support system, karena komunitas memiliki anggota yang bertujuan sama dan membuat Ibu tidak merasa sendiri dalam kondisi yang dirasakan atau dihadapi.
  4. Akses yang luas untuk meningkatkan kualitas diri. Komunitas secara online memiliki jangkauan yang lebih luas, karena anggotanya bisa mencapai seluruh jangkauan internet. Saling sharing dapat menambah banyak wawasan.
  5. Berkolaborasi, di dalam komunitas Ibu dapat menemukan relasi yang dapat diajak kolaborasi, misalnya dalam karya, atau pekerjaan. Bahkan juga bisa menghasilkan financial jika bertemu dengan yang sama-sama satu misi dalam bisnis atau bisa bekerjasama dalam bisnis.
  6. Mencegah stress dan membuat hidup lebih sehat, ini tentu saja karena dalam komunitas dapat memberi banyak impact seperti point-point yang sudah ditulis di atas. Membuat kualitas hidup Ibu lebih berarti, membangkitkan kembali kepercayaan diri. Sehingga kemungkinan resiko stress menjadi lebih kecil.

Ada sebuah penelitian dari American Psychological Association, seseorang yang memiliki support system yang baik, ternyata mengurangi resiko depresi serta penyakit kardiovaskular. Sehingga Ibu menjadi lebih sehat, baik secara fisik maupun mental.

Banyak sekali kan Bu manfaat bergabung dalam sebuah komunitas? Terutama untuk komunitas yang positif ya, Bu.

Mengenal Ibu Makin Jago

Ngomong-ngomong, apakah Ibu sudah tahu Ibu Makin Jago? Atau jangan-jangan Ibu belum mengenal komunitas satu ini? Konon, tak kenal maka tak sayang. Jadi kenalan yuk, siapa tahu bisa beneran jadi bestie Ibu.

Awal Ibu Makin Jago dan Manfaatnya Untuk Ibu

Berawal dari Ibu Makin Jago yang hadir sebagai platform informasi mengenai literasi keuangan, yang memberikan trik praktis dan realistis untuk menjaga kesehatan keuangan Ibu dan keluarga. Melalui Ibu Makin Jago, Ibu diajak untuk mengatahi financial issue sehari-hari dan memberikan berbagai manfaat dengan memperkarya ilmu financial dengan menggunakan aplikasi Bank Jago.

Literasi keuangan merupakan kemampuan dasar yang dibutuhkan untuk memahami dan mengelola keuangan pribadi lho bB! Terutama untuk Ibu, literasi keuangan dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya:

  1. Membantu Ibu dalam perencanaan keuangan keluarga: Ibu yang memiliki literasi keuangan yang baik dapat membuat perencanaan keuangan yang baik untuk keluarga, seperti menentukan anggaran, menabung, dan melakukan investasi.
  2. Meningkatkan kemandirian finansial: Ibu yang memiliki literasi keuangan yang baik dapat membuat keputusan keuangan yang bijaksana dan mandiri, sehingga dapat membuat keluarga lebih stabil secara finansial.
  3. Membantu dalam mengatasi masalah keuangan: Ibu yang memiliki literasi keuangan yang baik dapat mengatasi masalah keuangan seperti utang yang berlebihan dan mengelola keuangan dengan baik.
  4. Mengoptimalkan kesempatan untuk memperoleh pendapatan: Ibu yang memiliki literasi keuangan yang baik dapat menemukan kesempatan baru untuk memperoleh pendapatan, sehingga dapat menambah penghasilan keluarga.
  5. Membuat keluarga lebih sejahtera secara finansial: Secara keseluruhan, dengan literasi keuangan yang baik, ibu dapat membuat keluarga lebih sejahtera secara finansial.

Bu-eny-literasi-keuangan.png

Setelah Ibu makin pintar dengan literasi keuangan, Ibu Makin Jago tidak hanya berhenti sampai di sini. Ibu Makin Jago melakukan Level Up untuk merangkul lebih banyak ibu dan komunitas.

Ibu Makin Jago Level Up

Didukung oleh Bank Jago, dikelola oleh Ibu Punya Mimpi. Di Komunitas Ibu Makin Jago, Ibu bisa bergabung menjadi anggotanya dan menemukan banyak informasi seputar financial, mental health, parenting, dan self development. Sehingga Ibu bisa melek literasi keuangan untuk mewujudkan mimpi-mimpi, juga jadi lebih sayang dan mengenali diri sendiri, bisa menghandle keluarga dengan baik, dan bisa belajar banyak hal baru.

Ibu Makin Jago hadir dengan tujuan untuk memberikan impact lebih luas kepada ibu-ibu di seluruh Indonesia melalui konten yang relevan yang ditulis oleh sesama ibu, dan juga didukung oleh beragam komunitas serta acara webinar yang sesuai kebutuhan Ibu.

Ibu berada di mana pun dapat bergabung, karena sesuai era digital, Ibu Makin Jago bisa diakses melalui internet. So, yakin Ibu tetap merasa sendiri menghadapi perkembangan jaman yang terus berkembang?

Dari pada terjebak dalam kondisi seperti yang diceritakan di awal artikel ini dan berujung terkena burn out, bergabung bersama Ibu Makin Jago yuk, Bu. Jadikan Ibu Makin Jago sebagai bestie Ibu, biar Ibu makin jago di era digital ini. Setuju?

Ibu bisa bergabung atau join Telegram Ibumakinjago, dan jangan lupa follow instagram @ibumakinjago untuk mendapatkan info menarik seputar kegiatan Ibu Makin Jago.

Penulis: Ibu Eni Martini

Editor: Rahel Humillang

Referensi: haloibu, popmama, ibumakinjago

Infografis-Bu-Eny-Ibu-makin-jago-2.png


Share:

Artikel Terkait

Jago Personal - Dec. 23, 2022

Goals Akhir Tahun 2022: Makin Bijak Mengelola Keuangan, Makin Jago Cari Diskon

Baca selengkapnya >
Jago Personal - Jan. 30, 2023

5 Cara Menjaga Kesehatan Mental untuk Ibu. Apa Saja Yang Diperlukan?

Baca selengkapnya >
Cek Artikel Serupa

Comments

Senang sekali bisa berbagi dengan Ibu Makin Jago, semoga artikelnya bermanfaat untuk para ibu.

Eni Martini

Add a Comment




Berlangganan

Jangan kelewatan artikel dan berita terbaru agar #Ibumakinjago ngatur cuan, jalanin bisnis, dan ngurus keluarga.

© 2021. Persembahan Ibu Punya Mimpi dan Bank Jago