Belajar dari Queen Elizabeth: Ratu Inggris yang Tetap Jago Berhemat

Kalau ngomongin soal Queen Elizabeth, apa sih yang langsung teringat dalam pikiran Ibu? Tentu kebanyakan berpikir kalau misalkan menjadi Ratu itu otomatis hidupnya enak, mewah dan bergelimangan harta yah! Tapi tahu nggak sih, walaupun Queen Elizabeth II itu adalah salah satu perempuan terkaya di dunia, tapi dirinya itu jago berhemat! Kita bisa nih belajar beberapa hal dari Queen Elizabeth tentang berhemat supaya ibu makin jago mengatur keuangan rumah tangga!

Nih ya beberapa contoh penghematan yang Queen Elizabeth II lakukan:

Selalu menyimpan kertas kado dan pita untuk digunakan kembali

Setiap selesai perayaan Natal dimana biasanya akan ada banyak kado dan pita digunakan, Queen Elizabeth II konon selalu menginstruksikan keluarga dan staff untuk membuka kado dengan hati-hati. Kenapa? Supaya kertas kado nya nggak robek atau lecek sehingga bisa digunakan kembali! Wow! Malu nggak sih kita aja biasanya langsung buang yah kertas kado. Tapi ternyata Queen Elizabeth malah memilih untuk menyimpannya dan digunakan untuk membungkus kado di lain kesempatan.

“After Christmas, Elizabeth would collect up the wrapping paper and ribbons and would smooth them out to be saved. It is a habit that continues to this day.” - Kate Williams, penulis buku biografi author “Young Elizabeth: The Making of Our Queen”

Reusing and recyling

Siapa disini yang hobi beli sprei?

Tahu nggak, Queen Elizabeth itu ternyata masih pake seprai dari tahun 1997 lho! Hebat yah! Berarti umur seprainya sudah 25 tahun lho! Bahkan seprai ini sebenarnya Queen dapatkan dari kapal kerajaan yaitu Royal Yacht Britannia. Beberapa bahan sisa seprai dari kapal kerajaan konon juga ada beberapa yang dibuat jadi sarung bantal lho! Daripada dibuang, mungkin mendingan dipakai di istana. Gitu kali ya pikiran Queen Elizabeth? Hahaha.

“Her Majesty is continuing to get good use from the bedspreads she rescued from the former Royal Yacht Britannia when the ship was decommissioned in 1997.” - Adam Helliker

Oh ya, nggak cuma seprai, konon peralatan masak yang dipakai di dapur istana itu masih merupakan peralatan dapur dari jaman Queen Victoria di tahun 1800an lho! Wah penasaran juga nih kayak apa ya kira-kira peralatan dapurnya? Pasti kualitasnya nggak kaleng-kaleng nih bisa bertahan sampai 400 tahun lebih!

Kualitas peralatan dapur yang baik juga bisa lho kita anggap sebagai investasi rumah tangga.

Kenapa? Ya kalau kualitasnya baik bisa dipakai sampai lama. Seperti contoh yang dilakukan oleb Queen Elizabeth diatas!

Hanya membeli barang fashion dengan kualitas bagus dan gaya klasik

Kalau sekarang lagi banyak orang yang berusaha untuk mengoleksi tas high-end seperti Chanel atau Hermes, Queen Elizabeth justru nggak seperti itu sama sekali. Tas Queen Elizabeth kebanyakan merupakan hasil karya desainer Inggris. Dan usianya juga udah cukup lama lho! Kebanyakan tas nya Queen Elizabeth sudah berusia 30-40 tahun. Wow hebat ya! Dan kalau sampai tas nya rusak, Queen Elizabeth tidak akan membuangnya.

Beliau akan berusaha untuk membetulkannya. Kalau nggak bisa dibetulin juga, baru deh dibuang!

“She is careful with money and always watches the pennies. She has got handbags which she has had for 30 or 40 years and which she continues to use.” - Phil Dampier, penulis buku “What’s In The Queen’s Handbag And Other Royal Secrets”

Nggak hanya sepatu, hal ini juga berlaku untuk baju dan sepatu! Kebanyakan baju Queen Elizabeth pun sudah berusia 30-40 tahun. Selama masih bagus dan muat, Queen akan memakainya lagi dan lagi. Apalagi style yang digunakan Queen adalah style klasik.

Makanya baju nya pun nggak keliatan kuno meskipun dipakai lagi berpuluh-puluh tahun kemudian.

Next time Ibu mau belanja baju, tips Queen Elizabeth ini bisa langsung dipraktekkan!

Queen Elizabeth sangat irit pemakaian listrik

Tinggal di istana yang besar tentu pastinya membuat biaya listrik yang harus dikeluarkan juga besar. Konon yah, ada lebih dari 40,000 lampu di Buckingham Palace lho! Nggak kebayang kan berapa tagihan listrik per bulan nya. Nah tapi, Queen Elizabeth punya beberapa trik supaya biaya listrik tetap bisa efisien. Gimana caranya? 

Pertama, tidak diperbolehkan untuk pakai lampu yang berdaya diatas 40 watt.

Kedua, Queen Elizabeth tidak menggunakan central heating di istana lho!

Padahal kan ya sebenernya bisa aja di istana pakai central heating supaya seluruh ruangan terasa hangat pada musim dingin. Tapi Queen memilih untuk hanya menyalakan space heaters di beberapa ruangan. Pemilihan alatnya pun dipilih yang tidak terlalu mahal. Tahu nggak berapa harga pemanasnya Queen Elizabeth? Hanya £30 aja! Nggak perlu yang fancy, Queen Elizabeth lebih memilih yang penting berfungsi dengan baik!

Ketiga, wajib mematikan lampu pada setiap ruangan yang tidak digunakan.

Bahkan, Queen Elizabeth sendiri lho yang suka inspeksi sendiri buat memastikan kalau tidak banyak lampu yang dinyalakan di ruangan-ruangan yang tidak terpakai. Hebat yah? Nah, bisa nih kita terapkan juga di rumah tips dari Queen Elizabeth ini!

Apalagi sekarang semakin banyak dan terjangkau smart lamp yang bisa dimatikan otomatis dengan waktu atau lewat sensor cahaya dan gerak. Misal hanya menyala ketika ada orang yang lewat atau otomatis mati ketika pagi sudah terang.

Selalu menyimpan makanan sisa dan memanfaatkannya lagi

Siapa yang suka buang makanan sisa?

Tahu nggak sih kalau misalkan di Indonesia, satu orang bisa membuang makanan sisa hingga 184 kg setahun! Sayang banget yah. Tapi hal itu tidak terjadi pada Queen Elizabeth. Menurut koki kerajaan, Queen paling gak suka kalau ada makanan sisa yang terbuang. Bahkan lemon bekas hiasan diatas makanan pun pernah dikembalikan oleh Queen ke dapur dan dia pun menginstruksikan chef kerajaan untuk mengolah kembali lemon tersebut di makanan lain. Wow! 

Hebatnya, kebiasaan tidak membuang makanan ini juga dilakukan oleh Prince Charles lho! Menurut Chef Carolyn Robb yang bekerja untuk Prince Charles dari tahun 1989 sampai 2000, Prince Charles meminta hanya dimasakkan makanan sesuai dengan porsi yang ia makan saja. Dan kalau misalkan sampai ada sisa, dia juga meminta agar dibuat lagi menjadi makanan lain. Contohnya, roast lamb yang tersisa diolah kembali menjadi Shepard’s pie.

Nah, lima tips diatas bisa kita coba nih buat diterapkan ke kehidupan sehari-hari. Walaupun kelihatannya mungkin nggak substansial, tapi kalau misalkan bocor-bocor halus seperti ini bisa kita tekan, akhirnya semua bisa jago menabung lebih banyak!

Seperti kata Jago, hidup kaya dan hidup sejahtera itu beda yah bu. Berpenghasilan sultan belum tentu sejahtera kalau uang sudah habis menjelang gajian.

Kebiasaan kecilmu bu, bisa berpengaruh sama kondisi keuangan keluarga dalam jangka panjang.

Yuk jadi ibu yang lebih jago lagi dalam mengatur keuangan seperti Queen Elizabeth! Cek juga perilaku keuangan apa aja sih yang mesti ditiru biar bisa sejahtera sampe tua.

Mulainya dari sini nih, download aplikasi Jago, dengan money management canggih yang bisa bantu mencapai tujuan keuangan kita dengan lebih mudah. Cocok banget buat Ibu, sang ratu di rumah. Selamat mencoba, Queen!


Share:

Artikel Terkait

Jago Keluarga - May 13, 2022

3 Pelajaran Penting Mengatur Uang di Bulan Ramadhan Menurut Ibu Ranintia

Baca selengkapnya >
Jago Keluarga - Nov. 17, 2021

Mengajarkan Anak Literasi Finansial, Mulai dari Mana, Ya?

Baca selengkapnya >
Cek Artikel Serupa

Comments

Add a Comment




Berlangganan

Jangan kelewatan artikel dan berita terbaru agar #Ibumakinjago ngatur cuan, jalanin bisnis, dan ngurus keluarga.

© 2021. Persembahan Ibu Punya Mimpi dan Bank Jago