Estimasi Waktu Membaca: 5 menit

Sebagai wanita dan seorang ibu, pastinya suka ikutan arisan mulai dari arisan mamah muda, teman kantor, keluarga dan lainnya. Buat saya pribadi, arisan itu sangat menyenangkan, karena selain bisa bersosialisasi dengan teman-teman, saya juga bisa menabung sejumlah uang dengan nominal tertentu.

Ngobrolin arisan tentu saja gak jauh-jauh dari mengumpulkan uang anggota arisan dan mengundi arisan. Tapi kali ini saya baru ketemu sama aplikasi perbankan yang bisa dipake buat arisan loh. Mungkin belum banyak yang tahu, masa sih ada aplikasi bank digital yang punya fitur khusus buat arisan? Yakin bisa mengganti aktivitas manual pas pilih pemenang di arisan?

Eh beneran ternyata bisa loh, dibuatin versi digitalnya spesial dari Bank Jago yang ngerti banget tradisi buibu nusantara. Penasaran gak bu?

Kenalan sama aplikasi kaya fitur dari bank digital

Ini dia aplikasi yang bikin saya makin jago atur uang rumah tangga dan kelola uang bisnis. Pertama mencoba Aplikasi Jago, saya langsung jatuh hati deh sama fitur Kantong yang bikin uang di satu rekening terpisah-pisah sesuai pos kebutuhan. Lanjut nguliknya, eh ketemu Kantong Bersama yang bisa diatur bareng sama orang lain, misalnya sama suami, keluarga atau teman.

(Baca Juga: Sudah Kenal Semua Jenis Kantong Jago?)

Gak berenti disitu, ternyata selain bisa buat nabung bareng, juga bisa buat Arisan loh! Beneran kaget liatnya, langsung lah semangat menjajal fitur arisan buat nanti share sama teman-teman arisanku.

Visual Rahel - Arisan - 3.png

Walau di pandemi ini gak bisa sambil kumpul-kumpul, tapi arisan-nya tetap lanjut dong. Selain buat jaga keakraban, arisan jadi salah satu cara buat saya dan teman saling dukung goals masing-masing. Menurut Bank Jago, arisan juga punya peranan mendukung kesuksesan finansial pesertanya loh.

Eh, maksudnya mendukung gimana nih? Jadi, dengan melakukan arisan, ternyata kita sedang melakukan kolaborasi (Fintamin K) buat meraih tujuan finansial dengan cara yang seru. Awalnya saya gak menyadari hal tersebut, namun setelah saya resapi kembali, iya juga yah, makanya tradisi ini bertahan dan tetep relevan di berbagai generasi.

Pastinya ibu-ibu jadi pengen tahu lebih jauh tentang Kantong Bersama untuk arisan ini. Mungkin ada yang bertanya-tanya, ”Gimana sih cara mulai Kantong Arisan ini?” atau, ”Bisa dipake buat mengundi arisan dan nagih ke tiap peserta gak?”

Ngerti banget nih bu. Bagian tagih menagih memang bikin pe-er yah, tapi tenang, buat menjawab pertanyaan sohib arisanku, ini dia beberapa temuan dari pengalaman saya pake Kantong Bersama di aplikasi bank Jago.

Unduh, Daftar, Ulik Aplikasi Jago

Pertama-tama tentu saja ibu wajib download aplikasi dari Bank Jago, aplikasinya tersedia disini ya.. Terus yang saya suka, saya gak perlu ke kantor cabang atau berhubungan sama teller buat buka rekening ini. Jadi saya tinggal stay at home dan daftar kapanpun. Semudah itu!

Langkah selanjutnya saya harus isi data lalu ikuti tahapan pengisiannya. Setelah saya daftar dan mengisi data-data pribadi saya, saya melakukan verifikasi lewat pihak bank Jago.

“Jadi gak perlu ke petugas teller lagi ya?” Iya, benar sekali bu!

Gak perlu rusuh siap-siap ke bank, bawa anak, parkir, ngantri, nunggu cetak buku tabungan, ke teller isi uang, lalu ambil kartu atm. Panjang yah bu buat buka rekening, sekarang gak perlu lagi.

Daftar akunnya bisa langsung lewat ponsel. Proses verifikasinya juga kilat, waktu itu saya video call sama tim Jago sih cuma 3 menit kurang. Kita bisa pilih sendiri waktu yang pas buat ber-video call sama tim Jago.

Prosesnya singkat, mudah dan jelas banget. Setelah itu, saya tinggal menunggu sekitar 2-3 hari hingga akun kita bisa aktif dan dipake buat arisan. Oia, jangan lupa juga bu buat ajak geng arisan kita biar sama-sama pake akun Jago juga!

(Baca Juga: Bikin Akun Jago Bisa dari Mana Saja, Kapan Saja: Ikuti Langkah-Langkah Ini)

Kantong Arisan Mahmud

Untuk arisan, saya pakai Kantong Bersama yang ada di fitur kantong, lalu pilih opsi “Buat Kantong”. Setelah itu saya pilih “Arisan”, dan jadi deh kantong arisan saya yang bisa dipakai untuk arisan sama mamah-mamah muda. Yang paling saya suka, saya juga bisa beri nama kantong sesuai nama geng arisan saya, dan bisa juga atur warna dan icon untuk membedakannya dengan kantong lainnya.

Dan yang gak kalah seru, icon-nya bisa diganti foto geng arisan kita loh.

Visual Rahel - Arisan - 4.png

Saya benar-benar enjoy banget ngulik Kantong Bersama untuk arisan ini, karena banyak fitur yang bisa dipersonalisasi dan bikin arisan jadi lebih seru dan teratur. Sebagai ibu yang biasa mengatur keuangan rumah tangga dan atur uang belanja, saya jadi semakin terbantu dengan adanya Kantong Bersama buat mengatur uang arisan teman-teman ataupun keluarga saya.

Fitur lainnya yang saya sukai adalah, saya juga bisa mengganti nama kantongnya loh. Nama kantong bisa dirubah jadi nama geng arisan, nama keluarga, ataupun nama suami (auto reimburse uang arisan gak ya kalau pake nama suami?).

Kalau Kantong Arisan yang saya miliki, saya ganti nama kantongnya menjadi “Arisan Mahmud” karena isinya teman-teman saya yang semuanya mamah muda gitu.

Buat personalisasi nama ini pastikan gak lebih dari 30 kata ya, kalau kepanjangan nanti bukan jadi nama kantong, tapi jadi curhatan dong. Jangan lupa pake foto caem satu geng.

Lalu di fitur Kantong Arisan ini ada opsi tambahan yaitu “Kocok Arisan” dan “Tagih Uang”. Buat saya yang suka arisan, Aplikasi Jago ini bener-bener lengkap memenuhi kebutuhan arisan saya. Fitur “Kocok Arisan” ini bisa dipakai buat otomatis memilih nama pemenang arisan setiap bulannya dan “Tagih Uang” buat ngingetin mamah-mamah muda biar nggak telat bayar arisan. Nah, siapa yang penasaran sama fitur tersebut? Lanjut kepoin tulisan ini sampe bawah yaaa!

Kocok Arisan

Kalau arisan, tentu saja yang paling seru itu waktu mengundi arisannya. Ada yang berharap dapat cepat dan ada juga yang berharap dapatnya di akhir. Biasanya kalau kocok arisan, pastinya ada ritual kaya mencatat nama peserta arisan satu per satu, lalu melipat-lipat atau melinting kertas untuk bikin kocokan arisan. Sejujurnya paling males kalo kebagian tugas ini nih.

Dengan Aplikasi Jago dari Bank Jago, saya bisa melewatkan tahapan jadul tersebut. Fitur “Kocok Arisan”, bisa bantu kita mengundi nama teman-teman peserta arisan secara otomatis, dan yang udah menang sekali gak akan kepilih lagi.

Cara mengundang teman-teman peserta arisan ke Kantong Arisan ini juga sangat mudah, yaitu:

  1. Setelah masuk ke aplikasi Bank Jago, masuk ke beranda dan pilih menu kantong.
  2. Setelah itu pilih Kantong Arisan yang sudah dibuat. Kalau kantong arisan saya namanya Arisan Mahmud, jadi saya pilih kantong tersebut.
  3. Lalu setelah masuk ke Kantong Arisan, kita bisa pilih menu “undang” di kanan atas.
  4. Selanjutnya pilih “Kontak Baru” untuk teman-teman yang belum bergabung di kantong ini. Karena arisan ini yang pertama untuk saya, jadi saya undang satu per satu teman saya melalui menu “kontak baru” ini.
  5. Selanjutnya kontak akan terkoneksi dengan phonebook kita, dan kita hanya tinggal melakukan pencarian nama yang ingin diundang ke Kantong Arisan ini. Pastikan nomor telepon yang ingin kita undang merupakan nomor telepon yang terdaftar di akun Jago ya!
  6. Ulangi langkahnya mulai dari nomor 4 untuk mengundang anggota baru di arisan ibu.
  7. Apabila sudah terkumpul, ibu bisa melakukan undian arisan dengan memilih “Kocok Arisan”.

Setelah saya coba memasukkan nama anggota arisan di kantong arisan ini, arisan jadi lebih seru karena dilakukan bersama-sama. Jadi setiap akan melakukan pengundian, saya hanya tinggal menekan tombol “Kocok Arisan” dan memasukkan nominal uang yang akan dimenangkan pada setiap kocokan. Lalu tentukan jumlah pemenang dan pasang aturan sesuai kesepakatan arisan.

Kalau sudah menemukan pemenang undian, tampilannya akan seperti ini. Meriah sekali ya!

Visual Rahel - Arisan - 5.png

Selanjutnya saya bisa kirim uang sesuai nominal arisan pada pemenang arisan. Mudah banget kan! Arisan seperti ini juga jadi lebih hemat, karena kita tidak perlu mengeluarkan tambahan uang buat ketemuan di cafe ataupun restoran. Untuk pertanyaan tentang Kocok Arisan, ibu bisa lihat disini ya!

Benar-benar gak ribet deh pake Kantong arisan dari Bank Jago!

Tagih Uang Arisan

Nah, satu lagi nih. Pengalaman saya saat menagih uang arisan biasanya cukup repot, apalagi saat itu belum kenal Kantong Arisan dari Bank Jago.

Untungnya, setelah menggunakan kantong arisan ini, urusan tagih menagih jadi lebih mudah, apalagi setelah semua peserta arisan terkumpul lengkap di Kantong Arisan ini.

Cara menagih uang arisan:

  1. Setelah masuk ke Kantong Arisan, saya memilih menu “Tagih Uang”.
  2. Lalu saya memasukan jumlah uang arisan yang akan ditagih ke setiap anggota. Pastikan totalnya sama dengan nominal arisan yang di undi ya bu.
  3. Apabila nominal tidak sesuai, maka akan ada notifikasi “Tidak Sesuai” di jumlah total arisan, dan kita tidak bisa kirim tagihan tersebut.
  4. Sebagai contoh, apabila kita arisan dengan total nominal Rp 500.000,- dengan jumlah peserta 5 orang, maka nominal yang akan ditagih ke setiap anggota menjadi @Rp. 100.000,- sehingga totalnya menjadi Rp. 500.000,-. Apabila arisan dengan total nominal Rp 100.000,- maka nominal yang akan ditagih ke 5 anggota menjadi @Rp.20.000,- . Mudah banget kan!
  5. Setelah itu, kita bisa pilih “Kirim Tagihan” ke teman-teman peserta arisan di kantong arisan tersebut.

Visual Rahel - Arisan - 6.png

Yuk Bu, Arisan Bersama Teman

Buibu yang mau coba arisan digital yang hits ini, jangan lupa buat download aplikasinya disini ya! Supaya nanti gak perlu lama lagi buat nunggu verifikasi dan mulai arisan sama teman-teman dan keluarga.

Ibu Inar & Rahel_Arisan_Infografis

Jadi saat suara hati kita menjerit,“Bu, arisan mah ribet.” Eits, tentu tidak lagi. Karena apilkasi Jago dari Bank Jago punya Kantong Arisan yang bisa kita pake untuk memudahkan kita bersosialisasi sambil nabung.

Karena kalau ibu makin Jago, semua jadi Jago!

Mau arisan tanpa ribet?

Yuk, arisan digital pake Bank Jago dan download Aplikasi Jago sekarang.

Ibu Inar & Rahel_Arisan_Meme


Share:

Artikel Terkait

Jago Personal - July 12, 2022

Kunci Kebahagiaan Ibu: Fokus Pada Apa Yang Ibu Butuhkan

Baca selengkapnya >
Jago Personal - July 31, 2022

Cara Jago Membangun Personal Branding Untuk Ibu Comeback Berkarir

Baca selengkapnya >
Cek Artikel Serupa

Comments

Add a Comment




Berlangganan

Jangan kelewatan artikel dan berita terbaru agar #Ibumakinjago ngatur cuan, jalanin bisnis, dan ngurus keluarga.

© 2021. Persembahan Ibu Punya Mimpi dan Bank Jago