6 Cara Memulai Apresiasi Diri Ibu di Tahun 2023: Yuk Ikut Ibu Makin Jago 1st Anniversary!

(Daftar di sini untuk ikutan Ibu Makin Jago 1st Anniversary)


Estimasi membaca: 5 menit

Ibu.

Apa yang terlintas di pikiran ketika mendengar kata di atas?

Seorang wanita yang hebat, bisa melakukan apa saja untuk keluarga, jago urus rumah, bisa menjadi guru untuk anaknya, dan masih banyak hal menakjubkan lainnya. Ya, seorang Ibu identik dengan superwoman, wanita kuat yang bisa mengatasi semua hal. Tanpa kehadiran Ibu rasanya rumah tuh jadi kacau balau, setuju nggak?

Memang segitu vitalnya ya peran Ibu dalam sebuah keluarga. Hal itulah yang terkadang membuat seorang Ibu dituntut untuk selalu ada dan sempurna untuk keluarganya. Multitasking menjadi salah satu skill wajib yang harus dikuasai oleh Ibu.

Dengan banyaknya tuntutan dan tekanan di sana-sini, bukan tidak mungkin Ibu akan mengalami stres hingga depresi yang mengakibatkan kondisi emosional yang fluktuatif. Padahal, rumah yang bahagia berasal dari seorang Ibu yang bahagia juga, lho. Jika Ibu sering marah dan uring-uringan, bisa saja energi negatif tersebut akan ikut mempengaruhi emosional keluarga.

PENTINGNYA APRESIASI DIRI UNTUK IBU

“Aku sedang ada di fase seperti ini, Bu. Rasanya lelah sekali harus menyelesaikan semua to-do list dalam satu waktu. Di satu sisi, aku merasa ini kewajibanku dan harus selesai dengan sempurna. Namun, di sisi lain, aku capek dan jika tidak selesai aku akan menyalahkan diri sendiri karena tidak berhasil mengerjakan semua”.

Adakah yang sedang mengalami hal serupa?

Sepertinya hampir semua pernah merasakan hal ini ya, Bu. Perasaan tidak puas dengan diri sendiri karena tidak berhasil menyelesaikan to-do list atau tidak puas karena hasil yang didapat tidak sesuai dengan apa yang Ibu inginkan.

Apa yang Ibu alami adalah hal yang wajar. Tetapi, jangan terlalu lama dibiarkan yah, Bu! Karena hal ini bisa menjadi emosi negatif yang lambat laun malah akan mengikis kebahagiaan. Lantas, bagaimana caranya ya supaya hal ini tidak terus-terusan Ibu rasakan?

Yuk, mulai dengan memberi apresiasi pada diri Ibu!

Sepertinya sepele ya, Bu. Namun, apakah Ibu tahu bahwa masih banyak Ibu yang mengesampingkan dirinya sendiri dan lebih memilih untuk menomorsatukan keluarga.

Tidak ada yang salah maupun benar dalam hal ini. Tetapi, bukankah lebih baik jika seorang Ibu dapat mengurus keluarga dengan hati yang bahagia dan penuh cinta? Lantas, bagaimana ya memulainya?

6 CARA MEMULAI APRESIASI DIRI IBU

Mengurus keluarga dengan hati yang bahagia dan penuh cinta tentunya merupakan idaman semua Ibu di dunia. Tapi apakah hal itu bisa kita dapatkan apabila kita tidak berterima kasih pada diri sendiri? Tanpa kita memberikan reward yang bisa membahagiakan diri kita?

Sesungguhnya hati yang bahagia bisa didapatkan dengan diri Ibu yang bahagia juga. Apresiasi diri merupakan hal yang mendasar untuk Ibu, terlepas dari apapun kondisi Ibu saat ini.

Mungkin terkadang Ibu merasa feeling guilty untuk mengapresiasi diri dengan self reward seperti ke potong rambut, perawatan, ngumpul arisan, ambil online course, atau sekedar menikmati es kopi dingin dengan sahabat.

Namun jangan mengesampingkan diri sendiri yah, Bu! Untuk itu, Ibu bisa memulainya dengan 6 cara ini untuk bisa mengolah perasaan ibu dan merasa layak untuk mengapresiasi diri. Yuk, simak 6 caranya!

1. Tenangkan Diri dan Turunkan Ekspektasi

Seringkali kita mendengar bahwa seorang ibu harus pandai multitasking. Ya mengurus rumah, keluarga, dan bahkan masih harus memikirkan pekerjaan di waktu bersamaan. Katanya sih memang seperti itu kodrat wanita. Harus kuat dan tahan banting. Padahal, seorang Ibu juga manusia biasa yang bisa lelah dan burnout, loh.

Jika Ibu sudah mengalami ini, hal pertama yang bisa dilakukan adalah menenangkan diri dan mencoba untuk menurunkan ekspektasi. Ibu juga harus sadar bahwa setiap individu memiliki batasnya masing-masing dan yang tahu hal tersebut tentu saja Ibu sendiri.

Baca juga: Support System Dari Komunitas, Bikin Diri Ibu Jadi Lebih Damai

2. Jujur Pada Diri Sendiri dan Beri Pujian

Setelah Ibu dapat berdamai dengan gejolak dalam diri, cobalah untuk jujur dan sadari kemampuan. Kita tidak perlu setuju dengan semua pengakuan masyarakat akan image ideal seorang Ibu karena kebahagiaan diri sendiri dan keluarga jauh lebih penting. Jika sudah berhasil melakukannya, jangan lupa memuji diri Ibu, ya!

3. Istirahat itu Wajib

Bagi sebagian wanita, menjadi seorang Ibu berarti harus mengorbankan waktu istirahat karena banyaknya tanggung jawab yang harus dikerjakan saat itu juga. Bukannya selesai, eh malah berdampak ke fisik dan kesehatan. Ujung-ujungnya, pekerjaan pun terbengkalai dan tidak selesai.

Mulai saat ini, yuk mulai perhatikan kesehatan kita, Bu! Hal ini dapat dimulai dengan istirahat yang cukup, makan tepat waktu, dan perbanyak konsumsi air putih. Tambahkan dengan sesi olahraga ringan agar kondisi fisik ibu semakin prima, ya.

Baca juga: Nggak Cuma Tahun Yang Baru, Anggaran Rumah Tangga Baru Juga, Dong!

(Daftar di sini untuk ikutan Ibu Makin Jago 1st Anniversary)

4. Luangkan Waktu untuk Me Time dan Beri Self Reward

Ayo ngacung, siapa ibu-ibu yang sudah memiliki jadwal me time rutin? Memberikan waktu istirahat untuk diri sendiri ternyata banyak manfaatnya loh, bu! Selain bisa membuat Ibu happy lagi, memiliki jadwal me time membuat pikiran Ibu lebih fresh dan kembali bersemangat.

Self reward bisa dalam bentuk apa saja. Ada yang bahagia hanya sekedar makan mie instan sambil nonton series favorit saat anak tidur. Ada juga yang bahagia nongkrong bareng teman di cafe kesukaan. Walaupun dibutuhkan tambahan “uang jajan” untuk menjalankannya, Ibu bisa membuat anggaran khusus yang bisa Ibu gunakan tanpa mengorbankan anggaran lainnya.

Sekarang, buat anggaran self reward makin mudah dengan aplikasi Jago. Ibu cukup membuka 1 kantong Jago dan namakan sesuai dengan self reward incaran Ibu. Berhubung me time favorit aku adalah perawatan, aku membuat satu kantong self reward dengan nama “perawatan” dan menggunakan pengaturan autodebit. Kebetulan aku pasang targetnya sebesar Rp 2juta, dengan autodebit Rp 220 ribuan setiap bulannya. Nggak kerasa, kantong “perawatan” makin keisi untuk mendekati target. Nabung jadi lebih ringan dengan kantong Jago lho, Bu! Jangan lupa, kunci keluarga bahagia adalah Ibu yang juga bahagia di dalamnya.

5. Berbagi dengan Orang Lain

Pernah nggak sih Ibu merasa sendiri dan kesepian setelah menjadi seorang Ibu? Selama 24 jam hanya ditemani oleh anak, suami, dan pekerjaan rumah. Rasanya bestie yang dulunya selalu ada menemani hilang ditelan bumi. Jadinya Ibu bingung sendiri untuk berbagi cerita dan kegalauan hati ini dengan siapa.

Padahal, berbagi dengan orang lain melalui obrolan dan cerita dapat membantu Ibu untuk lebih mengapresiasi diri Ibu, loh. Apalagi jika Ibu dapat berbagi dengan sesama Ibu, rasanya pasti lebih relate. Jika bingung, Ibu dapat memulainya dengan bergabung ke komunitas, terutama komunitas ibu-ibu yang berfokus pada self-love dan self-development seperti komunitas Ibu Makin Jago! Tertarik untuk join? Ibu bisa klik di sini untuk bergabung dengan Telegram Ibu Makin Jago dan jangan lupa follow Instagram @ibumakinjago yah, bu!

Baca juga: Bingung Memilih Komunitas, Bu? Simak 5 Cara Jagoan Memilih Komunitas Yang Pas di Hati

6. You are Enough, Bu

Coba ingat-ingat Bu, pernah nggak merasa bahwa diri ini jauh dari kata sempurna ketika menjalani peran sebagai Ibu? Anak susah makan, rumah selalu terlihat berantakan, bahkan badan tidak terurus karena tidak ada waktu untuk berolahraga. Belum ketika kita melihat konten mom influencer di berbagai media sosial. Duh, rasanya makin anjlok melihat diri sendiri.

“Kenapa ya aku gak bisa seperti mereka?”

Stop membandingkan diri dengan orang lain, Bu! Setiap Ibu pasti memiliki rintangannya masing-masing. Yuk, mari kita fokus kepada kebahagiaan diri sendiri dan mulai untuk merasa “cukup”.

Perjalanan menjadi seorang Ibu memang banyak sekali tantangannya, ya. Meskipun sulit, tetapi menimbulkan kesan mendalam dan membuat ibu dapat merasakan berbagai emosi yang tidak pernah dirasakan sebelumnya. Apalagi jika perjalanan Ibu ditemani oleh Ibu Makin Jago yang siap untuk membawa ibu #LevelUp menjadi Ibu Jagoan!

(Daftar di sini untuk ikutan Ibu Makin Jago 1st Anniversary)

meme-anniv.gif

Setelah setahun menemani perjalanan Ibu, kali ini Ibu Makin Jago hadir dengan acara seru sebagai bentuk perayaan anniversary yang pertama yaitu berupa gathering dan talkshow dengan judul acara Ibu Makin Jago 1st Anniversary “Siap Menghadapi 2023”.

poster-anniv.jfif

Tidak hanya sebagai bentuk perayaan ulang tahun Ibu Makin Jago saja nih, di acara kali ini bakal ada acara menarik dengan berbagai komunitas yang sudah tergabung dengan Ibu Makin Jago dan talkshow super seru dengan berbagai pembicara kita yaitu Annisa Steviani CFP, Certified Financial Planner (@annisast) dan Samanta Elsener, Psikolog Anak dan Penulis (@samanta.elsener).

(Daftar di sini untuk ikutan Ibu Makin Jago 1st Anniversary)

Biar nggak ketinggalan, jangan lupa catat tanggal dan tempatnya yah, Bu! Sabtu, 28 Januari 2023 di Dapur Solo Matraman, Jakarta Timur. Penasaran dan mau ikutan acaranya? Ibu bisa langsung mendaftar dengan klik linknya di sini.

Tidak hanya dapat mendengarkan talkshow inspiratif dari pada speaker, namun ibu juga dapat bertemu dengan sesama #IbuJagoan lainnya, loh. Siapa tahu bisa berbagi lebih banyak, saling menginspirasi, dan dapat berkolaborasi dengan #IbuJagoan hebat!

Yuk, mari ikut ramaikan perayaan ulang tahun pertama Ibu Makin Jago dengan ikut hadir di acara anniversary ini, bu!

(Daftar di sini untuk ikutan Ibu Makin Jago 1st Anniversary)

Infografis Ibu makin Jago (14).png


Share:

Artikel Terkait

Jago Personal - Nov. 18, 2021

Yakin Keuangan Ibu Sehat? Jangan - jangan …

Baca selengkapnya >
Jago Personal - Dec. 23, 2022

Goals Akhir Tahun 2022: Makin Bijak Mengelola Keuangan, Makin Jago Cari Diskon

Baca selengkapnya >
Cek Artikel Serupa

Comments

Luv banget, see u buibu!

Zantia

Add a Comment




Berlangganan

Jangan kelewatan artikel dan berita terbaru agar #Ibumakinjago ngatur cuan, jalanin bisnis, dan ngurus keluarga.

© 2021. Persembahan Ibu Punya Mimpi dan Bank Jago