5 Tips Healing Ala Ibu Makin Jago Menikmati Akhir Tahun

Hai, Ibu Jagoan! Nggak nyangka ya kita sudah berada di penghujung tahun dan bersiap untuk menyambut tahun baru. Rasa-rasanya baru saja bertemu bulan Januari, eh sudah mau menyambut Januari di tahun yang baru. Langsung deh otak melakukan flashback hal apa saja yang sudah kita lakukan dan capai selama 12 bulan belakangan ini. Ada yang berhasil, ada yang gagal, ada pula yang stuck sampai entah kapan.

Apalagi dengan peran sebagai seorang Ibu, rasanya tidak ada hari libur setelah melewati 365 hari. Hari-hari dilalui dengan full kegiatan dari pagi hingga malam hari dari mengurus anak, keluarga, rumah, belum kewajiban lainnya. Sehingga wajar sekali jika kita menemui seorang Ibu mengalami burnout dan stres berkepanjangan karena beratnya beban yang dipikul.

Maka dari itu, seorang Ibu pun berhak dan perlu memiliki waktu sendiri untuk beristirahat dan melepaskan stresnya. Memang tidak semua Ibu bisa dengan mudah meluangkan waktunya untuk healing ya, apalagi seperti Ibu Rumah Tangga yang jauh dari orang tua atau saudara sehingga bingung bagaimana menitipkan anak. Padahal, melakukan kegiatan healing tuh nggak selalu harus pergi jauh atau menginap di hotel berbintang. Ada juga kok healing yang mudah dan tidak merepotkan. Mau tahu apa saja? Intip tips healing ala Ibu Makin Jago satu ini, ya!

meme-Tips healing Bu debby (1).jpg

#1 Me Time Sejenak

Melakukan kegiatan me time adalah salah satu tips healing sederhana yang bisa Ibu lakukan untuk sejenak melepas lelah. Kegiatannya pun bisa bermacam-macam sesuai dengan keinginan Ibu juga loh.

Badan rasanya pegal? Coba me time dengan spa and massage.

Pikiran terasa suntuk? Coba lakukan me time dengan menonton film di bioskop.

Lelah dengan pemandangan membosankan di rumah? Coba lakukan me time dengan berkendara sendirian menelusuri jalanan.

Masih banyak sekali kegiatan me time yang bisa Ibu lakukan untuk sekedar melepas lelah dan penat. Bahkan hal sederhana pun bisa menjadi pelepas stres yang mujarab, lho. Nah, sekarang apa nih kegiatan me time favorit yang ingin Ibu lakukan?

#2 Melakukan Kegiatan Seru dengan Pasangan atau Keluarga

Jika Ibu adalah tipe yang tidak suka menghabiskan waktu sendirian, tips satu ini sepertinya cocok untuk Ibu. Yup, Ibu bisa banget loh melakukan healing dengan mengajak pasangan, saudara, atau orang tua untuk melakukan kegiatan seru bersama. Seperti mencoba cafe baru, shopping bareng, atau sekedar melepas penat dengan mengunjungi tempat wisata.

Jangan lupa melakukan kegiatan seru juga harus diimbangi dengan situasi keuangan yang ideal yah! Jadi sebaiknya Ibu sesuaikan kegiatan dengan kondisi keuangan saat ini.

#3 Self Reward dengan Menyantap Makanan Favorit

Siapa nih yang suka kulineran dan cemal-cemil? Rasanya dengan menyantap hidangan favorit saja sudah bisa membuat hati bahagia ya, Bu. Ibu juga bisa mengajak pasangan atau teman untuk kulineran bareng. Apalagi dengan kemudahan teknologi saat ini, Ibu bisa langsung memesan makanan favorit melalui aplikasi online tanpa harus ribet keluar rumah.

Awas, tips satu ini rawan berbahaya bagi berat badan dan kantong Ibu!

#4 Bertemu dengan Teman

Setelah menjadi seorang Ibu, bertemu dengan teman tuh rasanya suatu hal yang cukup impossible, setuju nggak, bu? Apalagi jika Ibu dan teman sudah terpisah jarak atau kesibukan satu sama lain. Mau meet up aja rasanya susah sekali.

Eits, jika memang ada kesempatan, Ibu bisa banget memanfaatkannya untuk bertemu dan catch up dengan teman-teman Ibu. Mengobrol tentang hal apapun dan bercanda lepas rasanya membuat rasa capek dan stres yang bertumpuk itu hilang. Yuk, segera kontak teman-teman Ibu dan agendakan untuk bertemu!

#5 Melakukan Hobi

Ibu suka memasak, menggambar, atau berolahraga? Kegiatan melakukan hobi juga bisa menjadi stress healing yang efektif loh, bu. Rasanya memang berbeda jika Ibu dapat melakukan hal yang disukai dan dapat fokus ketika mengerjakannya. Meskipun menemui kesulitan ketika mengerjakannya, tetapi otak Ibu malah menjadi lebih fresh dan bahagia. Tertarik untuk mencobanya, Bu?

Tidak pernah ada seorang pun yang mengatakan bahwa menjadi Ibu adalah hal yang mudah. Tentu banyak pengorbanan yang Ibu lakukan atau dikompromikan agar peran ini dapat berjalan dengan lancar. Namun, tidak ada salahnya lho bu untuk jeda sejenak dari rutinitas padat dan beristirahat sejenak. Ibu bisa melibatkan pasangan, keluarga, atau teman yang dipercaya agar dapat melakukan healing tanpa merasa bersalah meninggalkan anak.

Lebih seru lagi jika Ibu bisa melakukan healing dan kegiatan menyenangkan bersama dengan ibu-ibu lainnya seperti yang dilakukan oleh komunitas Ibu Makin Jago! Selain bisa menjadi teman sharing, bergabung dengan Ibu Makin Jago pun bisa menambah relasi, pengalaman, bahkan transfer ilmu dengan ibu-ibu lainnya dari segala penjuru Indonesia. Klik link ini yuk untuk bergabung dengan telegram Ibu Makin Jago!

Kalau Ibu Jagoan sendiri, apa nih kegiatan healing andalan yang sering dilakukan?

Infografis Ibu makin Jago (12) (1).png


Share:

Artikel Terkait

Jago Personal - Aug. 12, 2022

Perjalanan Membangun Bisnis Kerajinan Limbah Kayu Palet – #IbuMakinJago

Baca selengkapnya >
Jago Personal - Dec. 31, 2022

7 Cara Membangun Rasa Percaya Diri, Biar Jadi Ibu Jagoan!

Baca selengkapnya >
Cek Artikel Serupa

Comments

Add a Comment




Berlangganan

Jangan kelewatan artikel dan berita terbaru agar #Ibumakinjago ngatur cuan, jalanin bisnis, dan ngurus keluarga.

© 2021. Persembahan Ibu Punya Mimpi dan Bank Jago